Hadirkan Dewan Pers, PISHI Gelar Workshop Jurnalistik

Hadirkan Dewan Pers, PISHI Gelar Workshop Jurnalistik Atmaji Sapto Anggoro dari Dewan Pers saat menyampaikan materi.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Perkumpulan Ilmuwan Sosial Humaniora Indonesia (PISHI) bekerja sama dengan salah satu portal berita nasional menggelar Workshop Jurnalistik di Ruang Paripurna DPRD Kota , Kamis (10/8/2023).

Acara yang berlangsung hingga 13 Agustus 2023 ini dibuka Ketua DPRD Kota , I Made Riandiana Kartika. Agenda tersebut diikuti sekitar 80 peserta dari pengurus dan anggota PISHI, serta peserta dari masyarakat umum.

Tampil sebagai pembicara, yakni Atmaji Sapto Anggoro, Ketua Komisi Pendataan, Penelitian, dan Ratifikasi Media dewan pers. Selain itu Lutfil Hakim, Ketua PWI Jatim, dan redaktur senior Nusadaily.com Imung Mulyanto. Materi yang dibahas antara lain tentang Undang-Undang Pers, pers release, artikel opini, dan editing.

Dalam paparannya, Atmaji menyampaikan perihal masih banyaknya media yang mengenyampingkan salah satu fungsinya, yakni sebagai kontrol sosial.

"Fungsi pers nasional yakni sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Nah, yang seringkali dilupakan oleh teman-teman media, yakni fungsi kontrol sosialnya," ungkapnya.

Lantas ia mencontohkan kasus di Lampung, di mana masyarakat yang 'mengambil alih' kontrol sosial pers, dengan mengekspose fakta-fakta sosial yang bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat. Salah satunya yang viral di media sosial, yakni jalan rusak. Padahal jumlah media di Lampung cukup banyak.

Selain membahas fungsi pers, Atmaji juga menyampaikan fungsi . Beberapa fungsi itu antara lain melindungi kemerdekaan pers dari campur tangan pihak lain, menetapkan dan mengawasi pelaksanaan kode etik jurnalistik, mendata perusahaan pers, serta memantau dan melaporkan analisa pelanggaran hukum, etika, dan kekeliruan teknis pemberitaan yang dilakukan oleh pers. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO