Pj. Wali Kota Batu Dorong Penguatan Literasi Keuangan

Pj. Wali Kota Batu Dorong Penguatan Literasi Keuangan Pj. Wali Kota Batu Aries Agung Paewai.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota menyebut Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Batu memiliki peran penting karena dapat memperluas akses masyarakat terhadap jasa keuangan.

Oleh karenanya, berharap semua elemen masyarakat bersama-sama ikut akses daerah.

"Jika kita masuk ke desa-desa, masuk sektor keuangan, PKL, usaha mikro atau masyarakat, BUMDes yang dikelola desa akan bergerak dengan cepat," kata dia dalam kegiatan sosialisasi bertajuk 'Sinergitas dalam Mendukung Literasi Akses Keuangan serta Tantangan yang Dihadapi' yang digelar BPSDA Kota Batu di Ballroom Senyum Hotel Kota Batu, Selasa (8/8/2023).

Ia melihat data retribusi daerah masih rendah dibanding dengan pajak daerah Kota Batu. Sebab, retribusi yang dilakukan secara manual masih terdapat kebocoran. Namun bila dilakukan secara nontunai, tingkat kebocoran sangat rendah.

"Jangan sampai ada transaksi yang manual. Nanti kita juga akan perkuat layanan QRIS, bahkan di elemen masyarakat yang belum tersentuh," imbuhnya.

Menurut Aries, sudah semestinya perkembangan zaman diikuti karena setiap saat selalu ada perubahan, sistemnya juga selalu berubah.

"Kami dari juga akan terus mendukung agar literasi digitalisasi masyarakat meningkat. Itu jadi program prioritas kita sehingga nanti dapat meningkatkan perekonomian," harapnya.

Sementara Kepala BKAD kota batu M Chori menjabarkan ada 3 langkah konkret yang akan dilakukan dalam memasifkan literasi dan inklusi keuangan.

Selain membentuk tim TPAKD, mereka akan mengoptimalkan aplikasi Sikandaprabu, peningkatan layanan dan fitur m-banking hingga perluasan pembayaran via qris di berbagai tempat.

Selain itu, dukungan pemerintah dalam agenda ini juga meliputi penggunaan KKPD (Kartu Kredit Pemda) untuk SKPD, pajak online, business matching hingga e-retribusi pasar, e-parkir dan QRIS di Pasar Induk Among Tani.

"Ini merupakan bentuk komitmen dalam mempermudah berbagai layanan keuangan dari mana pun dan kapan pun," kata dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO