BPBD Pamekasan Terima Bantuan untuk Atasi Kekeringan

BPBD Pamekasan Terima Bantuan untuk Atasi Kekeringan Armada pendistribusi air bersih milik BPBD Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan menerima bantuan dari Pemprov Jatim untuk menangani kasus kekeringan yang tengah terjadi.

Kepala Pelaksana BPBD , Rusdiyadi, mengatakan bahwa terdapat 11 kecamatan, 77 desa, serta 321 dusun yang mengalami kekeringan dan membutuhkan air bersih. Bahkan sudah dijadwalkan setiap harinya untuk dilakukan pendistribusian.

"Ada kategori kering kritis, itulah yang paling parah, ada di Kecamatan Tanjung, Pasanggar, Plakpak, dan beberapa dusun di kecamatan tersebut," ujarrnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (8/8/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa untuk beberapa wilayah yang terdampak kekeringan sudah dibuatkan sumur bor yang oleh dinas permukiman. Namun, masyarakat enggan mengelolanya dengan baik sehingga terkabaikan.

"Untuk saat ini sebenarnya kita masih mengajukan BTT, untuk nominalnya akan mendapatkan berapa saya masih belum tau. Tapi sudah mendapatkan lampu hijau, dan kita juga akan mendapatkan bantuan dari provinsi untuk kekeringan ini. Secara teknis itu nanti BPBD provinsi akan kerja sama mungkin dengan PDAM," paparnya.

Ia juga menghimbau dan mengingatkan kepada masyarakat yang menerima bantuan air bersih terutama yang terdampak kekeringan yang cukup parah untuk lebih bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin dan digunakan sesuai dengan kebutuhan.

"Dengan adanya kegiatan pendistribusian ini dapat membantu masyarakat yang terdampak kekeringan yang kekurangan air bersih dan tentu penggunaan nya bisa digunakan se efektif mungkin untuk kebutuhan Masyarakat terutama kebutuhan makan dan minum," pungkasnya. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO