Satlantas Polresta Sidoarjo Mulai Terapkan Lintasan Baru Uji Praktik SIM C Tanpa Angka 8

Satlantas Polresta Sidoarjo Mulai Terapkan Lintasan Baru Uji Praktik SIM C Tanpa Angka 8

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Satlantas Polresta menerapkan bentuk baru lintasan uji praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C, mulai pada 7 Agustus 2023 sehingga tidak ada lagi dan angka 8.

Perubahan tersebut merupakan Keputusan dari Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri untuk kemudian diterapkan di seluruh Indonesia. Perubahan bentuk lintasan uji praktik ini diklaim tetap memprioritaskan keahlian dan keselamatan berkendara sepeda motor.

Terdapat materi baru saat ujian praktik yakni pada lintasan berbentuk sirkuit yang spesifikasinya telah diperbarui dari versi lama.

Ipda Meddif Wisudawan Bima Sakti Kusnan selaku Paur SIM Satlantas Polresta menuturkan sirkuit uji praktik terbaru memiliki 3 lintasan lurus dan lima area berbelok, yang satu bagiannya mirip dengan huruf S.

“Saat uji praktik dimulai, pemohon ini akan masuk melalui garis start, lalu keluar dari sisi lainnya setelah menyelesaikan semua tantangan pada sirkuit itu,” ujarnya.

Ipda Meddif menambahkan bahwa lintasan ini mengakomodir 4 materi ujian praktik tanpa materi zigzag atau slalom tes dan memiliki ukuran yang sudah diperlebar. Kemudian, uji menyerupai bentuk huruf S akan menggantikan uji membentuk angka 8.

Perubahan lainnya terdapat pada ukuran lintasan yang diperlebar. Kini berubah menjadi 2,5 kali lebar kendaraan yang sebelumnya 1,5 kali lebar kendaraan. (cat/git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO