Wadahi Warga Binaan Ekspresikan Diri, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Festival Band

Wadahi Warga Binaan Ekspresikan Diri, Kanwil Kemenkumham Jatim Gelar Festival Band Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Imam Jauhari, saat membuka festival band yang digelar pihaknya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com terus berupaya memberikan wadah kepada warga binaan untuk mengekspresikan diri, seperti gelaran Festival Band Antar Warga Binaan Pemasyarakatan yang berlangsung hari ini, Kamis (3/8/2023).

"Ini salah satu implementasi dari amanah UU 22 Tahun 2022 Tentang Pemasyarakatan yang menjamin hak pembinaan kemandirian sekaligus kegiatan rekreasional bagi warga binaan," kata Kepala , Imam Jauhari.

Di Lapangan Tengah Lapas I Surabaya, kegiatan diikuti 8 grup band yang merupakan hasil seleksi dari 7 korwil di Jawa TImur. Khusus Korwil Surabaya, sebagai tuan rumah mengirimkan 2 perwakilan.

"Kami melihat musik sangat digemari di masyarakat, begitu juga di lapas/ rutan yang banyak menjadikan musik sebagai sarana pembinaan bagi warga binaan," ucap Imam.

Dalam kegiatan tersebut, setiap grup band membawakan tiga jenis lagu. Pertama adalah lagu yang sudah ditetapkan juri, yaitu lagu "Bis Kota" yang ditulis oleh Teddy Sujaya - Pamungkas NM.

"Selain itu, peserta juga harus membawakan lagu pilihannya sendiri dan juga lagu ciptaannya sendiri," timpal Kadiv Pemasyarakatan , Teguh Wibowo, yang menjadi promotor acara.

Ia menjelaskan bahwa kedelapan peserta merupakan hasil seleksi dari tujuh kordinator wilayah di Jatim. Mulai dari Surabaya, Bojonegoro, Madiun, Kediri, Malang, Jember dan Madura.

"Sebelumnya di tiap korwil sudah dilakukan seleksi, jadi delapan band ini adalah yang terbaik dari setiap korwil," tuturnya.

Teguh menegaskan bahwa tujuan utama dari festival ini bukan untuk mencari juara-juara. Namun, yang lebih penting adalah sebagai media agar masyarakat mengetahui bahwa warga binaan juga punya potensi dan kesempatan yang sama.

Sumber: Humas Kemenkumham Jatim

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO