6 Gunung yang Sering Dijadikan Tempat Upacara 17 Agustus

6 Gunung yang Sering Dijadikan Tempat Upacara 17 Agustus Taman Nasional Gunung Rinjani. Foto: jasling.menlhk.go.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Peringatan HUT ke-78 RI yang akan tiba sebentar lagi biasanya diisi dengan sederet aktivitas menarik. Mulai dari perlombaan, menghias kampung, hingga pengibaran bendera Merah Putih di gunung. Kegiatan melakukan upacara bendera di gunung seolah menjadi sebuah tradisi di kalangan para pendaki.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 6 gunung yang sering dijadikan tempat upacara 17 Agustus.

1.

Gunung yang berada di Jawa Timur ini merupakan salah satu gunung yang sering didaki saat HUT Kemerdekaan Indonesia.

Gunung Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl menyajikan panorama alam yang sungguh menakjubkan. Pendaki bisa mendirikan tenda di salah satu spot paling primadona di gunung tertinggi di Pulau Jawa ini, yakni Danau Ranu Kumbolo. Gunung ini sering didatangi banyak pendaki untuk merayakan HUT Republik Indonesia.

2. Gunung Prau

Gunung yang satu ini memiliki pemandangan Bukit Teletubbies yang menyajikan pemandangan memanjakan mata. Gunung Prau dengan ketinggian 2.590 mdpl ini berada di empat kabupaten Jawa Tengah, yakni Wonosobo, Temanggung, Kendal, dan Batang .

Gunung Prau menjadi salah satu destinasi pendakian utama di Dataran Tinggi Dieng sebagai salah satu tempat melihat sunrise favorit bagi wisatawan.

Para pendaki pemula bisa mendaki gunung ini untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia.

3. Gunung Kerinci

Melaksanakan upacara bendera saat peringatan di puncak gunung berapi tertinggi di Indonesia tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pendaki.

Gunung Kerinci yang berada di Provinsi Jambi ini bisa menjadi pilihan bagi kamu untuk merayakan hari bersejarah Indonesia ini.

Lihat juga video 'Penendang Sesajen Semeru Berhasil Ditangkap':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO