Mulai Besok, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih

Mulai Besok, Gubernur Khofifah Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih Gubernur Khofifah saat mengibarkan bendera merah putih ketika Apel Pagi di Halaman Kantor Sekdaprov Jatim.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengajak masyarakat untuk menggelorakan semangat nasionalisme dan patriotisme menyambut Bulan Kemerdekaan RI dengan mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh mulai tanggal 1-31 Agustus 2023.

Imbauan ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara RI Nomor B-523 /M/S/TU.00.04/06/2023 tanggal 13 Juni 2023 tentang Penyampaian Tema, Logo, dan Partisipasi Menyemarakkan Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

"Maka seluruh warga bangsa, seluruh institusi, seluruh perkantoran diwajibkan mengibarkan Bendera Merah Putih mulai tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2023 satu tiang penuh. Oleh karena itu, saya minta kebersamaan kita semua menumbuhkan nafas nasionalisme dan nafas heroisme secara masif di Bulan Kemerdekaan," ujarnya, Senin (31/7/2023).

Gubernur mengungkapkan hal tersebut ketika Apel Pagi di Halaman Kantor Sekdaprov Jatim, Surabaya. Lebih lanjut, juga mendorong distribusi bendera di seluruh lapisan masyarakat. Sebab, hal ini sejalan dengan Surat Edaran Sekjen Kemendagri.

"Kita semua di seluruh institusi di semua provinsi dan seluruh kabupaten/kota diminta untuk mengumpulkan bendera sebanyak-banyaknya, termasuk mengajak berbagai elemen berpartisipasi dan kemudian mendistribusikan," katanya.

Oleh karena itu, dirinya meminta kepada para kepala OPD untuk menggerakkan seluruh tim di masing-masing institusinya. Meski begitu, ia menjelaskan bahwa pengumpulan bendera bukan termasuk dalam Pengadaan Barang/Jasa (PBJ) Pemerintah, melainkan kerja sama dengan berbagai pihak.

"Saya rasa bagi eselon 3 atau eselon 4 tidak berat. Setiap staf diminta untuk menyiapkan bendera untuk dibagikan ke tetangga dan titik-titik yang mungkin bisa dijangkau oleh kita semua," ucapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO