Puncak Fenomena Bediding di Jatim Diprediksi akan Terjadi Pada Agustus 2023, Suhu Semakin Dingin

Puncak Fenomena Bediding di Jatim Diprediksi akan Terjadi Pada Agustus 2023, Suhu Semakin Dingin Puncak Fenomena Bediding di Jatim Diprediksi akan Terjadi Pada Agustus 2023, Suhu Semakin Dingin. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Fenomena merupakan suhu udara di suatu daerah terasa lebih dingin dari biasanya meskipun sudah masuk musim kemarau. Fenomena Bediding yang melanda diprediksi puncaknya akan terjadi pada Bulan Agustus 2023. Selain daerah , " rel="tag">fenomena terjadi juga di berbagai daerah di Indonesia, meliputi Bali, Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bediding merupakan fenomena tahunan yang terjadi karena tiupan udara dari Australia yang membawa massa udara dingin dan kering ke Asia melewati sebagian selatan wilayah Indonesia yang dikenal dengan angin monsun atau muson dingin Australia. Pada bulan ini Australia memasuki musim dingin/winter.

I Gede Agus Purbawa selaku Prakirawan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika () kelas III menyebutkan " rel="tag">fenomena juga terjadi karena gerak semu matahari yang berposisi di utara bumi, jadi wilayah bumi bagian selatan equator (garis khatulistiwa) sedang dingin.

Data menyebutkan suhu terendah di daerah , mencapai 16 derajat celcius. Sedangkan suhu tertinggi 31 derajat celcius. Rata-rata suhu udara dikisaran angka 21-25 derajat celcius.

Puncak musim kemarau terjadi pada bulan Agustus membuat tutupan awan sedikit. Hal itu mengakibatkan pantulan sinar matahari yang dilepaskan ke atmosfer tidak ada penghalang.

Sebaran suhu udara dingin saat " rel="tag">fenomena tergantung waktu dan masing-masing wilayah. Semakin tinggi suatu wilayah maka akan semakin dingin. Maka dari itu, masyarakat diimbau untuk menyiapkan pakaian hangat saat beraktivitas selama masa .

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO