Gubernur Khofifah: Program Pemutihan PKB Jatim Berakhir Besok

Gubernur Khofifah: Program Pemutihan PKB Jatim Berakhir Besok Gubernur Khofifah didampingi Kepala Bapenda Jatim, Bobby Soemiarsono, saat memantau layar informasi penerimaan pendapatan pajak bermotor. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur menegaskan bahwa program pemutihan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang digelar oleh akan berakhir besok, Jumat (14/7/2023).

Untuk itu, ia kembali mengimbau warga masyarakat Jatim untuk segera memanfaatkan program tersebut. Sebab, program ini membebaskan denda keterlambatan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan juga bebas balik nama kendaraan bermotor.

“Untuk program pemutihan periode kali ini akan berakhir besok tanggal 14 Juli 2023. Maka yang masih ada tanggungan belum bayar PKB monggo dimanfaatkan,” ujarnya usai meninjau Kantor , Kamis (13/7/2023).

Sejak dimulai pada 14 April 2023 hingga hari ini pukul 14.00 WIB, total program pemutihan telah dimanfaatkan oleh 1.154.823 wajib pajak. Program ini telah sukses menarik penerimaan pajak kendaraan bermotor sebesar Rp685,37 miliar.

“Total insentif atau support yang kita berikan dari program pemutihan periode ini sebesar Rp 81.6 miliar. Artinya kita dapat surplus penerimaan PKB untuk masa periode ini sebesar Rp 593,7 miliar," kata .

Merujuk capaian ini, gubernur perempuan pertama Jatim ini menegaskan bahwa program pemutihan sukses menarik minat wajib pajak untuk membayar pajak. Bahkan, dikatakannya bahwa program pemutihan juga menambah wajib pajak baru Jatim.

Hal ini lantaran banyak juga warga masyarakat yang memanfaatkan bebas bea balik nama untuk mendaftarkan kendaraan sebagai objek pajak Jatim. Yang otomatis hal ini akan menambah pendapatan pajak daerah Pemprov Jatim.

“Meski besok adalah hari terakhir, namun kami sampaikan bahwa kita juga akan membuka kembali program serupa di bulan Kemerdekaan pada 1 Agustus 2023 mendatang. Program ini rencananya akan berlangsung sampai HUT Pemprov Jatim mendatang,” tandasnya.

Tidak hanya itu, dalam kesempatan meninjau kantor kali ini, Gubernur juga turut mengupdate data penerimaan PAD Pemprov Jatim tahun 2023.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO