Simak 5 Tips Pintar Memilih Hewan Kurban

Simak 5 Tips Pintar Memilih Hewan Kurban Ilustrasi, Foto: Pixabay

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ibadah kurban merupakan ibadah satu tahun sekali yang dijalankan umat muslim di penjuru dunia. Meski begitu, ibadah kurban memerlukan persiapan yang matang terutama pada niat dan finansial.

Umat muslim di penjuru dunia akan menyambut momentum Hari Raya ini tentunya sekaligus menjadikan momentum untuk bersedekah dengan cara berkurban.

Bagi umat muslim yang akan berkurban, tak ada salahnya jika memastikan terlebih dahulu dan melakukan persiapan saat memilih . Hal ini dimaksudkan supaya hewan yang akan dikurbankan dalam keadaan sehat dan sesuai dengan syariat yang telah ditentukan Agama. Selain itu, dalam berkurban juga dianjurkan agar memilih hewan terbaik.

Berikut 5 tips cara pintar memilih yang baik:

1. Memastikan Hewan Ternak

Dalam berkurban harus merupakan hewan ternak, diantaranya adalah kambing, domba, , kerbau dan unta. Tentunya hewan yang sudah disebutkan adalah merupakan hewan ternak yang sehat dan layak untuk dikurbankan.

2. Umur Hewan

Jika akan berkurban kambing atau domba, umur yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah minimal umur 1 tahun. Jika ingin berkurban atau kerbau, maka umur yang masuk kriteria kurban adalah 2 tahun. Karena memiliki umur yang disyaratkan berbeda-beda. Nah, Cara untuk mengetahui usia adalah dengan melihat kembali catatan kelahiran ternak yang dimiliki oleh pemilik. Selain itu juga dapat dilakukan dengan metode cek gigi hewan, yakni, jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal ini menandakan bahwa kambing atau dombatersebut telah berumur berkisar 12-18 bulan, sedangkan dan kerbau sekitar 22 bulan.

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO