Perumda Giri Tirta Gresik Tak Izinkan Sambungan Baru di Perumahan dengan Swakelola

Perumda Giri Tirta Gresik Tak Izinkan Sambungan Baru di Perumahan dengan Swakelola Dirut Perumda Giri Tirta Gresik, Kurnia Suryandi (kanan), saat menjelaskan program baru. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Direktur Utama , Kurnia Suryandi, menyatakan bahwa pihaknya tak mengizinkan sambungan baru di perumahan dengan sistem swakelola (dikerjakan) sendiri.

"Jika ada permintaan sambungan baru ke perumahan kita tak mengizinkan dikerjakan dengan swakelola. Perumda sendiri yang mengerjakan," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (19/6/2023).

Untuk itu, kata Kurnia, kalau ada pengembang perumahan yang minta sambungan baru, maka diminta mengajukan ke . Selanjutnya, perumda membuatkan rencana anggaran dan belanja (RAB) untuk pengadaan barang yang dibutuhkan seperti pipa yang sesuai standar yang dipersyaratkan.

"RAB itu yang kami buatkan kemudian dibayar oleh pengembang untuk pembiayaan. Kemudian, perumda yang mengerjakan instalasinya," tuturnya.

Menurut dia, pengerjaan sambungan baru itu perumda ada yang menunjuk rekanan langsungv, dan ada yang melalui proses lelang.

"Kalau angarannya besar, maka akan dikakukan lelang seperti ketentuan yang ada," tuturnya.

Kurnia menambahkan, saat ini perumda menerima banyak pengajuan sambungan baru di perumahan. Perumda secara bertahap merealisasikan pengajuan itu.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO