Serba-Serbi Piala FA, Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia

Serba-Serbi Piala FA, Kompetisi Sepak Bola Tertua di Dunia Arsenal saat menjadi juara Piala FA pada 2022 dengan mengalahkan Chelsea 2-0. Foto: Twitter Arsenal.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Piala FA merupakan turnamen paling tertua di dunia yang diadakan di Inggris. Kompetisi sepak bola tahunan dengan sistem gugur ini dijalankan langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

Piala FA pada mulanya diperebutkan 17 klub di musim 1871-1872. Sepanjang perhelatan FA Cup kerap tersaji momen menarik yang dilakukan pemain atau klub. Tak jarang rekor-rekor menakjubkan diukir di ajang tersebut.

Sejarah mencatat, Nottingham Forest menjadi klub yang mengukir rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan. Capaian itu terjadi pada musim 1890-1891 saat Forest menghancurkan Clapton dengan skor telak 14-0.

Sementara itu, rekor rata-rata pemain tertua yang berlaga di final digenggam oleh Arsenal. Tim asal London menurunkan punggawa yang rata-rata berusia 31 tahun pada skuad utamanya ketika menyingkirkan Liverpool di final 1950.

Sejauh ini, The Gunners menjadi klub yang paling banyak menjadi pemenang dengan koleksi 14 gelar. Arsenal juga menjadi tim yang paling sering berlaga di partai final Piala FA sebanyak 21 kali.

Sejak final 1872, ada 13 klub yang berhasil melaju ke partai pamungkas, tetapi tak pernah bisa membawa pulang piala ke markasnya. Mereka adalah Birmingham City, Hull City, Bristol City, Luton Town, Fulham, Queens Park Rangers, Queens Park, Brighton & Hove Albion, Watford, Crystal Palace, Stoke City, Middlesbrough, dan Millwall.

Salah satu final yang berjalan sengit adalah terciptanya 3 gol pada masa injury time. Hal ini terjadi saat Arsenal mengalahkan Manchester United 3-2 pada final 1979.

Final 2006, saat Liverpool menghancurkan West Ham lewat drama adu penalti, dianggap sebagai salah satu final terbaik. Kala itu, Si Merah yang difavoritkan tertinggal lebih dulu sebelum Steven Gerrard mampu menyamakan kedudukan pada injury time babak kedua. Namun peraih 6 gelar Piala FA itu kemudian bisa memaksakan skor imbang 3-3 dan akhirnya menang lewat adu penalti.

Ashley Cole menjadi pemain yang paling banyak mengangkat trofi Piala FA sebanyak 7 kali. Ia melakukannya bersama Meriam London pada 2002, 2003, dan 2005. Bek kelahiran 20 Desember 1980 itu lalu menambahkan lebih banyak gelar tersebut bersama Chelsea pada 2007, 2009, 2010, dan 2012.

Sedangkan Didier Drogba merupakan pemain yang tidak hanya paling sering tampil di final tetapi juga membikin gol. Legenda The Blues asal Pantai Gading membuat rekor itu pada final 2007, 2009, 2010, dan 2012. (git)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO