Kunjungi Patung Buddha Tidur, Khofifah: Waisak Pijakan Bangun Nilai Luhur Persaudaraan Kebangsaan

Kunjungi Patung Buddha Tidur, Khofifah: Waisak Pijakan Bangun Nilai Luhur Persaudaraan Kebangsaan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi Maha Vihara Mojopahit atau dikenal sebagai patung Buddha Tidur di Kabupaten Mojokerto untuk meninjau persiapan perayaan Hari Waisak 2023.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati puncak Hari 2567 Buddhis Era (BE) yang jatuh hari Minggu, tanggal 4 Juni 2023, Gubernur Jatim Indar Parawansa mengunjungi atau dikenal sebagai patung Buddha Tidur di Kabupaten Mojokerto.

Didampingi Bupati Mojokerto , Gubernur disambut langsung oleh Bhante Viriyanadi Mahathera, pendiri Maha Vihara Majapahit.

Kedatangan mantan Menteri Sosial tersebut dalam rangka mengecek persiapan perayaan Hari 2023. Orang nomor satu di Jawa Timur itu meninjau tempat ibadah hingga kondisi patung Buddha Tidur yang menjadi ikon patung Buddha raksasa terbesar di Indonesia.

“Kami menyampaikan selamat Hari Raya tahun 2023, bagi seluruh umat Buddha yang ada di Indonesia,” ujar .

Menurutnya, patung Buddha Tidur yang berada di kawasan Trowulan dibangun menjadi salah satu pijakan dari kerajaan Mojopahit.

“Harapan kita, khususnya di Bumi Mojopahit ini yang mengajarkan harmonious partnership antara umat beragama dibangun dengan sangat baik, kebhinekaan juga dibangun dengan sangat baik,” kata Ketua Umum Muslimat NU tersebut.

Mantan Menteri Sosial RI tersebut berharap dapat dijadikan momentum untuk membangun kembali nilai luhur persaudaraan kebangsaan.

“Tentunya bersama-sama menjaga sesanti yang ditulis dalam Kitab Sutasoma, yakni Bhinneka Tunggal Ika. Nilai luhur ini harus terus dikuatkan untuk kedamaian dan harmoni di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Gubernur menyebut momentum menjaga keharmonisan dapat diwujudkan dengan tindakan saling menghormati, saling membantu, utamanya memperkuat solidaritas sosial yang kuat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO