Kejar Kabupaten Kota Sehat, Sidoarjo Targetkan Stop BAB Sembarangan 100 Persen

Kejar Kabupaten Kota Sehat, Sidoarjo Targetkan Stop BAB Sembarangan 100 Persen Pj Sekda Sidoarjo ketika membuka acara di Pendopo Delta Wibawa. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab menargetkan mampu bebas Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar (BAB) sembarangan 100 persen di seluruh wilayah. Target itu dibarengi dengan komitmen meningkatkan sanitasi dan kesehatan masyarakat secara menyeluruh dalam rangka mengejar target verifikasi Kabupaten Kota Sehat (KKS).

Pj Sekda , Andjar Surjadianto, menyebut percepatan ODF ini harus segera diterapkan di Kota Delta. Jika tidak segera tertangani, permasalahan tersebut akan menyebabkan penyebaran penyakit dan masalah kesehatan lainnya, seperti tingginya angka di .

Untuk mengejar 100 persen bebas ODF ini, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama menyamakan persepsi bahwa permasalahan ODF tidak bisa dilakukan secara parsial atau sendiri-sendiri.

"Sehingga perlu gerakan seluruh OPD, mulai dari desa hingga dinas," ujarnya saat acara Percepatan ODF Melalui Penguatan Kelembagaan dan Pembinaan Lokus Kabupaten Sehat di , Kamis (25/5/2023).

Ia menambahkan, angka ODF saat ini berada dalam posisi ke-34 dari jumlah 38 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Inilah yang menjadikan harus bergerak cepat dalam penanganan bebas ODF dan mengurangi angka .

"Rangking ke-34 ini harus segera kita tuntaskan, karena sendiri saya rasa tidak pantas jika mendapatkan rangking ODF terendah nomor 4. Karena PAD besar, APBD juga besar jika dibandingkan dengan kabupaten/kota lainnya. Sehingga butuh sinergitas dari berbagai pihak dan dalam acara ini saya harapkan bisa terpecahkan masalah dan solusinya," tambahnya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO