‎Cegah Pedagang Nakal, Pemkab Tuban Sidak Pasar

‎Cegah Pedagang Nakal, Pemkab Tuban Sidak Pasar Petugas saat sidak di Pasar Baru Tuban. (foto: suwandi/BANGSAONLINE)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Untuk mencegah pedagang nakal saat menjelang momen ramadhan, pemerintah kabupaten (pemkab) Tuban melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata melakukan inpeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar yang ada di Tuban, siang tadi (10/6).

“Sidak ini dilakukan karena untuk menghindari pedagang yang nakal, apalagi kini menjelang bulan ramadhan,” ungkap Sunaryo, Kasi Meteorologi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perekonomian dan Pariwisata Tuban ketika sidak di Pasar Baru.

Dijelaskan Sunaryo, dalam sidak tersebut, petugas fokus pada kebutuhan pokok seperti daging, bumbu dapur, beras dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan pokok yang dijual oleh pedagang sudah memenuhi standar keselamatan, kesehatan dan keamanaan bagi konsumen. “Sampai saat ini belum ada pedagang yang melakukan penyelewengan,” imbuhnya.

Naryo mengungkapkan bahwa sidak ini akan terus dilakukan secara rutin. Sebab, dalam momen ramadhan dan menjelang hari raya idul fitri diperkirakan tingkat perbelanjaan masyarakat meningkat. Jika hal tersebut tidak diawasi, maka dapat dimungkinkan pedagang melakukan kecurangan.

“Kasihan konsumen kalau sampai kecolongan oleh pedagang yang nakal, makanya momen ramdhan dan jelang idul fitri ini pedagang tersebut akan diawasi,” jelasnya.

Sementara itu, sejumlah konsumen memberikan apresiasi tindakan pemkab tersebut. Namun, mereka juga memberikan saran agar sidak tersebut tidak terpusat di pusat perkotaan saja, melainkan di sejumlah minimarket dan pasar di pedesaan juga.

“Kalau bisa pasar-pasar dan minimarket di pedesaan juga disidak, jangan hanya di kota saja,” ungkap Partini Warga Bancar pada BANGSAONLINE.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO