Pemkab Bondowoso akan Kembangkan Wisata Batu Solor

Pemkab Bondowoso akan Kembangkan Wisata Batu Solor Wisata Batu Solor yang dikatakan Bupati Bondowoso tak kalah dengan Stonehenge. (foto: sugiyanto/BANGSAONLINE)

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bondowoso, salah satu kabupaten di Jawa Timur banyak menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, sebuah batu besar yang tersusun rapi.

Batu ini masih berdiri tegak di tengah perbukitan yang masih terjaga secara alamiah, di Desa Solor, Kecamatan Cerme, Kabupaten Bondowoso.

Batu solor ini cukup unik, sebab hampir sama dengan sebuah situs warisan dunia yakni Stonehenge di Wiltshire, Inggris.

Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni mengatakan bahwa batu ini adalah batu situs prasejarah yang umurnya ribuan tahun. Meski sudah ribuan tahun, namun hingga kini batu tersebut masih berdiri tegak, dan alami.

“Batu ini adalah batu megalitikum. Saat ini pemerintah Kabupaten Bondowoso melalui Dinas Pariwisata, serius mengangkat potensi wisata batu solor ini, dan akan dijadikan destinasi wisata baru di Bondowoso,” ujar orang nomor satu di Bondowoso, saat acara Sarasehan dengan wartawan se-Jawa Timur, di Pendopo, beberapa waktu lalu.

“Saya pikir batu solor merupakan destinasi wisata baru di Bondowoso, sebab tidak kalah dengan di Inggris," imbuhnya.

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO