Bisakah Puasa Membantu Turunkan Kolesterol?

Bisakah Puasa Membantu Turunkan Kolesterol? Bisakah Puasa Membantu Turunkan Kolesterol?. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Puasa secara teratur seperti di bulan Ramadhan membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Hal itu dikarenakan pada saat berpusa, tubuh memaksimalkan metabolisme gula yang dapat menurunkan kadar atau low-density lipoprotein.

Manfaat puasa juga dikatakan baik untuk mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti obesitas, penyakit jantung hingga diabetes.

Tidak makan dan minum yang dilakukan oleh seseorang yang sedang berpuasa kira-kira selama 12 hingga 13 jam/hari, yang mana kondisi tersebut membuat perubahan drastis pada fisik dan metabolisme tubuh. Seperti penurunan berat badan yang drastis, terutama hilangnya massa lemak.

Manfaat tersebut dapat meningkatkan kontrol glikemik dan melindungi miokardium jantung dari peradangan.

Beberapa studi memperlihatkan bahwa puasa dapat menunda proses penuaan di tubuh, karena efeknya mampu mengurangi stres oksidatif dan menjaga daya ingat.

Pada suatu riset, peneliti meminta responden untuk berpuasa selama 12 jam di siang hari, 3 kali seminggu dan dalam periode enam minggu. Hasilnya ditemukan bahwa selain penurunan LDL, kadar kolesterol baik atau HDL pada responden menjadi meningkat.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO