ADWI 2023, Jumlah Desa Wisata di Jawa Timur Tertinggi Nasional

ADWI 2023, Jumlah Desa Wisata di Jawa Timur Tertinggi Nasional Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, saat memberi keterangan kepada awak media.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengapresiasi hasil pengumuman Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Sebab, wilayah yang dipimpin berada di urutan pertama dalam ajang tersebut.

"Alhamdulillah, 8 Desa Wisata di Jawa Timur telah terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik. Dari total 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Jawa Timur berhasil menyumbangkan jumlah tertinggi nasional, 8 Desa Wisata," ujarnya, Rabu (22/3/2023).

"Semoga ini bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata, dan mendukung tercapainya target kunjungan wisata ke Jawa Timur mencapai 238 juta wisatawan di 2023," imbuhnya.

Adapun 8 Desa Wisata Terbaik di Jawa Timur Peraih ADWI 2023 yakni, Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan (Kota Malang), Desa Wisata Edelweiss Wonokitri (Kabupaten Pasuruan), dan Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo (Situbondo).

Kemudian, ada Desa Wisata Duren Sari Sawahan (Trenggalek), Desa Wisata Ketapanrame (Kabupaten Mojokerto), Desa Wisata Bira Tengah (Sampang), Desa Wisata Sendang (Pacitan), dan Desa Wisata Bowele (Kab Malang).

Sementara itu, Kepala , Hudiyono, menjelaskan bahwa proses kurasi telah dilakukan secara cermat oleh dewan juri dari Kemenparekraf. Total, ada 49 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos masuk 500 besar nasional setelah diumumkan pada Sabtu (18/3/2023).

Lalu, proses seleksi berlanjut ke tahap 300 besar pada Minggu (19/3/2023). Tercatat, ada 29 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos pada tahap tersebut, hingga akhirnya terpilih delapan Desa Wisata Terbaik dari Jawa Timur yang meraih ADWI 2023.

Hudiyono menyebut, capaian ADWI 2023 ini menjadi yang tertinggi dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 total hanya empat Desa Wisata Terbaik meraih ADWI, yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan terakhir di Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso.

Pada 2021, Jawa Timur menyumbang 6 Desa Wisata Terbaik, yakni Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani di Lumajang, Desa Wisata Serang di Kabupaen Blitar, dan Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto.

Selanjutnya, Desa Wisata Sanankerto di Kabupaten Malang, dan Desa Wisata Kampung Blekok di Situbondo. Satu Desa Wisata yakni Pujon Kidul di Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan khusus Mandiri Inspiratif. (dev/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO