Jelang MTQ Jatim ke-30, Pemkot Kediri Gelar Seleksi Tilawatil Qur'an

Jelang MTQ Jatim ke-30, Pemkot Kediri Gelar Seleksi Tilawatil Qur Salah satu peserta seleksi tilawatil Qur'an saat sedang dinilai Tim Seleksi. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Jelang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur ke-30, September 2023, di Kota Pasuruan, Pemerintah Kota bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota , menyelenggarakan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) di Masjid Agung Kota , mulai Senin (20/3/2023), kemarin.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Ahmad Jainudin, mengatakan, bahwa STQ ini digelar selama 2 hari, yaitu Senin (20/3/2023) dan Selasa (21/3/2023).

Menurut Ahmad, MTQ ini mempunyai beberapa cabang, diantaranya tilawah, tafsir, tartil, Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) dan Musabaqah Khat Al-Quran (MKQ). Terdapat 3 golongan pada cabang tilawah, yaitu anak-anak (usia di bawah 15 tahun), remaja (usia 15-16 tahun), dan dewasa (rentang usia 17-39 tahun) dengan jumlah peserta STQ sebanyak 16 orang.

"Cabang tartil diikuti oleh 16 orang (usia dibawah 13 tahun), cabang tafsir Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris diikuti oleh 3 orang peserta. Cabang MHQ yang memiliki 3 golongan yaitu golongan 10 juz, 20 juz dan 30 juz diikuti oleh 19 orang dengan usia dibawah 21 tahun. Sedangkan cabang MKQ diikuti oleh 10 orang peserta dengan golongan MKQ hiasan mushaf, kontemporer dan dekorasi," kata Ahmad Jainudin, Selasa (21/3/2023).

Ahmad menambahkan, pada lomba MTQ Provinsi Jatim ke-30 ini, Pemerintah Kota telah membuat program yang berkesinambungan dengan STQ ini, yaitu Quran Massive (Kurma).

"Melalui program ini kita juga membina adik-adik yang akan bergabung di lomba MTQ Jatim nantinya. Program yang sudah ada kita tingkatkan lagi," ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad mengatakan, bahwa peserta STQ yang sudah lolos pada seleksi kali ini akan memperoleh pembinaan lebih lanjut untuk dapat meningkatkan kemampuan pada masing-masing cabang.

Lihat juga video 'Tim BPK Wilayah XI Teliti Tugu Tapal Batas di Kediri, Diduga dari Abad ke-13 ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO