Nikahkan WBP, Kepala Lapas Klas IIA Kediri Bilang Begini

Nikahkan WBP, Kepala Lapas Klas IIA Kediri Bilang Begini Yanto dan Wiwik saat melangsungkan pernikahan di Lapas Klas IIA Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Lapas Kelas IIA menikahkan seorang WBP (warga binaan pemasyarakatan) bernama Yanto dengan Wiwik Ariamti Subani, Selasa (7/3/2023). Kepala Lapas Klas IIA , M. Hanafi, mengatakan agenda tersebut merupakan wujud kepedulian dari pihaknya sebagai upaya pembinaan.

"Kami tidak membatasi kebebasan individu, dan pernikahan merupakan hak setiap warga binaan. Dengan catatan, berupa syarat serta adminstrasi dipenuhi, dan mereka siap memberikan fasilitasnya. Pernikahan seperti ini sudah dilakukan sebanyak dua kali, selama saya menjabat dalam kurun waktu 3 bulan," paparnya.

Dalam prosesi pernikahan, calon mempelai laki-laki menyambut hangat keluarganya dan keluarga calon istri di depan pintu Aula Lapas Kelas IIA sambil menyalami setiap orang.

Kemudian penghulu dari Kantor Urusan Agama Kecamatan Mojoroto masuk ke dalam aula dan mempersiapkan akad nikah.

Kedua mempelai duduk di depan penghulu disaksikan, Hanafi. Keadaan pun semakin tegang, bercampur kebahagiaan serta haru saat mempelai laki-laki mengucapkan janji sucinya yang harus sampai diulang hingga empat kali. Keduanya pun dinyatakannya sah menjadi suami-istri baik secara hukum maupun agama.

Usai acara, Yanto mengaku bahagia telah menikahi wanita pujaannya pada hari ini. Ia pun berjanji tidak akan pernah mengulangi kesalahannya, dan akan menjadi warga yang baik bila mana dirinya bebas nanti.

"Saya akan membina rumah tangga yang baik, dan menjadi masyarakat yang baik ketika keluar. Tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Saya juga minta maaf kepada keluarga," ucapnya.

Istrinya pun mengungkapkan bahwa ia memang mencintai Yanto setulus hati dan siap menunggu sang suami hingga keluar dari penjara. Karena, sebelumnya mereka berdua sudah berpacaran, hingga akhirnya memutuskan untuk melangkah ke jenjang serius yaitu pernikahan. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO