​PSSI Tamat, Pemerintah Ambil Alih dan Segera KLB

​PSSI Tamat, Pemerintah Ambil Alih dan Segera KLB Kantor PSSI. Foto: liputan6.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Sanksi Federation of International Football Association (FIFA) kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia () mengakhiri hidup federasi yang menaungi klub-klub sepak bola Indonesia itu. Pemerintah segera mengambil alih proses dimulainya lagi pengelolaan sepakbola dari titik nol. Otomatis tamat.


" 'kan sudah di-suspend, artinya sudah tidak ada lagi. Logikanya bagaimana. Jadi, pencabutan (SK pembekuan) itu sudah tidak perlu lagi, karena sudah di-suspend," ujar Sekretaris Menpora, Alfitra Salamm, menanggapi surat FIFA yang ditandatangani Sekjen Jerome Vaclke, yang menyebutkan bahwa diskorsing karena ada intervensi pemerintah, yang membekukan mereka pada 17 April lalu, Sabtu (30/5/2015).

"(Selanjutnya) ya diambil alih dong, pemerintah tanggung jawab. Kalau sudah di-suspend, berarti tidak ada hubungan lagi dengan FIFA. Inilah momen kita untuk melakukan pembenahan dari nol: bentuk federasi baru, dan benahi dari nol," tambahnya seperti dikutip detik.com

Dalam surat FIFA tersebut disebutkan empat syarat supaya sanksi Indonesia bisa dicabut, yang intinya adalah pengelolaan dikembalikan kepada pengurus (tanpa menyebut nama-nama -- Red), alias tidak ada campur tangan pemerintah.

"Apakah nanti hasil (federasi bentukan pemerintah) tidak dianggap FIFA? Begini saja, kita benahi semua dari nol, buat organisasi yang moderen, jalankan kompetisi yang berkualitas. Jika sudah tapi betul, baru bangun komunikasi lagi dengan FIFA. Yang penting kita benahi internal dulu," katanya.

Sementara Presiden Joko Widodo kembali menegaskan bahwa pihaknya menginginkan pembenahan secara total untuk memperbaiki prestasi sepak bola Tanah Air..

"Jadi baik Pak Wapres maupun saya sama, sama sebetulnya, keinginannya sama, pembenahan ," kata Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusumah, Sabtu (30/5/2015), seusai melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi, 28-30 Mei 2015.

Presiden menyampaikan bahwa prestasi persepakbolaan Indonesia selama 10 tahun ini tidak memuaskan. Hal ini ditandai dari kegagalan tim Garuda di semua turnamen internasional. Adapun di peringkat FIFA, posisi Indonesia tidak mengalami banyak perubahan, yakni ranking 161 pada 2013 dan 159 pada 2015.

"Apakah kita hanya ingin ikuteventinternasional atau ingin prestasi? Kalau hanya ingineventinternasional tapi selalu kalah, kebanggaan kita di mana?" kata Jokowi.

Presiden menegaskan bahwa yang ingin dilakukannya adalah pembenahan total, bukan kegagalan bertubi-tubi. "Pembenahan total artinya reformasi total, pembenahan organisasi, sistem, dan manajemen karena di tingkat pemain saya lihat sudah bagus. Tapi di level ini harus ada pembenahan," ujar Jokowi seperti dikutip kompas.com.

Menurut Jokowi, pembekuan dimaksudkan untuk pembenahan dan reformasi total organisasi tersebut untuk memperbaiki manajemen dan sistem sepak bola. Mengenai tenggat waktu pelaksanaan ini, Jokowi menganjurkan untuk dikonfirmasikan ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Mestinya dan pemerintah bekerja sama dengan baik, bukan intervensi loh. Kita semua ingin sepak bola kita jadi lebih baik," ujar Jokowi.

Sumber: kompas/bola/detik.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO