Diguyur Hujan 7 Jam, 4 Kecamatan di Jombang Banjir

Diguyur Hujan 7 Jam, 4 Kecamatan di Jombang Banjir Kondisi banjir di Dusun Balongsono, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, Jombang.

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Hujan selama 7 jam yang mengguyur  pada Selasa (21/2/2023) malam, membuat 4 kecamatan . Adapun sejumlah wilayah tersebut ialah, Sumobito, Kota, Mojoagung, dan Ploso. 

Sedangkan, kondisi terparah berada di Dusun Balongsono, Desa Talunkidul, Kecamatan Sumobito, dengan ketinggian air di jalan mencapai satu meter, sedangkan air masuk rumah sekitar 20 cm.

Untuk di Kecamatan Mojoagung dua Desa terdampak, yakni Mancilsn dan Betek. Di Kecamatan melanda di Desa Pulo Lor, sedangkan di Kecamatan Ploso ada satu desa yang terdampak.

Salah satu warga, Hadi Sucipto, asal Dusun Balongsono, Kecamatan Sumobito, mengatakan bahwa terjadi mulai pukul 17:00 WIB hingga pukul 23:00 WIB. Akibatnya, debit air Sungai Gunting meningkat sehingga menyebabkan air meluap ke jalan dan permukiman warga.

"Ketinggian air di jalan sekitar 1 meter, sedangkan yang masuk rumah ketinggian 20 cm," ujarnya saat dikonfirmasi, Rabu (22/2/2023).

Dijelaskan, di Desa Talunkidul terdapat tiga dusun yang terdampak . Yakni Balongosono, Kedungwesi serta Dusun Sedamar. Paling parah di Dusun Balongsono. "Di RT 5 Dusun Balongsono air menggenangi jalan desa setingi satu meter. Belasan hektar sawah juga terendam," jelas Hadi.

Terpisah, Relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Arik Ridayanto membenarkan kejadian tersebut. "Yang parah adalah Dusun Balongsono Kecamatan Sumobito dan Desa Pulo Lor Kecamatan . Di Sumobito, disebabkan oleh meluapnya Sungai Kali Gunting. Karena hujan terjadi hingga tujuh jam," pungkasnya. (aan/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Banjir Bandang di Gunung Pandan Aceh, Satu Orang Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO