Tips Liburan Weekend Tetap Seru dan Hemat Pengeluaran

Tips Liburan Weekend Tetap Seru dan Hemat Pengeluaran Ilustrasi. Foto: Pixabay

BANGSAONLINE.com - Bagi kalian yang gabut di rumah dan ingin liburan akhir pekan tapi tetap hemat, baca artikel ini hingga tuntas. Apalagi yang mahasiswa semester akhir, pasti kalian butuh refreshing atau healing-healing murah tapi bikin seru.

Setelah penatnya satu minggu bekerja atau belajar, otak biasanya butuh yang namanya menghirup udara bebas, memandang dunia luar yang luas, dan nggak pakek khawatir budget lho! Nggak perlu sedih memikirkan budget agar teteap bisa ketawa lepas dan pikiran fresh. Ikuti saja tips ini dan semoga bermanfaat:


1. Siapkan diri terlebih dahulu

Tentu saja kita harus melihat kondisi diri sendiri dan kesehatan. Hal ini menjadi bagian yang terpenting, karena kita akan menyenangkan diri kita. Sebab dengan kondisi yang sehat, kita bisa melakukan apa saja bebas ke sana-ke sini tanpa khawatir akan kondisi kesehatan kita.

2. Menentukan dan memastikan tempat tujuan liburan

Setiap liburan, pastinya kita harus memilih tempat yang akan dikunjungi. Pertama, pestikan lokasi tersebut aman dan jangan lupa dengan melihat cuaca dan kondisi sekitar tempat tujuan liburan.

Liburan pasti ingin melihat yang hijau-hijau dan menyejukkan mata, carilah tempat yang bisa membuat hati kita tenang dan senang, sehingga kita bisa menikmati liburan dengan enjoy, rileks, sesuai dengan tujuan liburan dengan konsep seru.

Sekali-kali, cobalah liburan dengan konsep alam agar lebih menantang. Mulai dari perjalanannya dan hingga tiba di tempatnya juga harus dipertimbangkan dengan matang sesuai dengan situasi hati dan mood.

3. Mempersiapkan dana dan gunakan dengan bijak

Penting untuk mengkalkulasi dana yang akan dikeluarkan pada rencana liburan akhir pekan. Pastikan budget cukup tanpa adanya pengeluaran lebih. Caranya bisa dilakukan dengan mengecek tiket masuk lokasi liburan yang dituju.

Kemudian, tentukan transportasi yang akan digunakan. Pilih kendaraan pribadi apabila hendak bepergian Bersama teman-teman karena bisa menghemat pengeluaran dengan sistem patungan. Gunakan uang dengan sebijak mungkin dan jangan kalap mata untuk membeli hal yang tidak seharusnya dibeli.

4. Siapkan kebutuhan pokok dari rumah

Konsep dari liburan ini kan hemat pengeluran. Untuk meminimalisir dana jajan, kita bisa mengakalinya dengan membawa jajan atau bawa bontotan dari rumah. Sebab, harga jajan atau makanan di lokasi wisata biasanya lebih mahal dua atau tiga kali lipat lebih mahal dari harga normalnya. Atau bisa juga sharing dengan teman buat rencana jajannya.

5. Memanfaatkan fasilitas di lokasi liburan

Sesuai dengan temanya, liburan budget, kita harus manfaatkan fasilitas yang ada semaksimal mungkin. Misalnya nih, ada fasilitas free wifi, kita manfaatkan saja, jangan membuang hal yang sia-sia apabila ada yang gratis.

Tidak merepotkan bukan tips liburan yang seru dan hemat pengeluaran kali ini. Dengan menerapkan tips-tips tersebut, kalian bisa menikmati liburan dengan seru dan menyenangkan tanpa harus memikirkan beban pengeluaran yang berat. Terlebih, mahasiswa pastinya banyak kebutuhan yang dikeluarkan.

Nah, itulah tips liburan yang asik dan tidak merogoh kocek yang dalam biar nggak berisik. Sikapi uangmu dengan sebijak mungkin dan tetap senang tanpa harus bersedih di akhir pekan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO