Bantuan Kemanusiaan dari Pemerintah untuk Gempa Turki akan Dikirimkan dalam 3 Tahap

Bantuan Kemanusiaan dari Pemerintah untuk Gempa Turki akan Dikirimkan dalam 3 Tahap Bantuan Kemanusiaan dari Pemerintah RI untuk Gempa Turki akan Dikirimkan dalam Tiga Tahap. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengatakan bantuan kemanusiaan dari pemerintah RI untuk korban gempa di Turki akan dikirimkan dalam tiga tahap.

Bantuan tahap pertama sudah dikirimkan dari Lanud Halim Perdanakusuma pada Sabtu (11/2/2023).

"Bantuan ada tiga tahap. Bantuan tahap pertama yaitu Middle Urban Search and Rescue Team (MUSAR), tim BASARNAS sebanyak 47 personil berserta peralatan lengkap yang didampingi oleh tim BNPB yang diberangkatkan hari ini", ujar Muhadjir usai melepas keberangkatan bantuan.

"Pemberangkatan tim MUSAR menjadi prioritas mengingat pentingnya pencarian dan penyelamatan korban yang tertimbun reruntuhan bangunan selama masa kritis", katanya.

Bantuan tahap kedua terdiri dari Emergency Medical Team (EMT) sebanyak 105 personil yang dilengkapi dengan obat-obatan, peralatan rumah sakit lapangan untuk melakukan operasi darurat di lapangan. Tim tahap kedua tersebut akan diberangkatkan tanggal 13 Februari 2023. Tim ini merupakan gabungan dari Kemenkes, TNI-POLRI dan organsisasi masyarakat.

"Bantuan tahap ketiga berupa logistik dan peralatan serta bantuan lainnya masing-masing untuk Turki dan Suriah", ungkap Muhahdjir.

Muhadjir menjelaskan, gempa terjadi pada 6 Februari 2023 dengan skala 7,7 M dan kedalaman 17,8 km menguncang Provinsi Gaziantep dirasakan di Turki, Suriah dan Lebanon.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO