Pertahankan Jawa Timur sebagai Provinsi Juara Siswa Terbanyak Masuk PTN, ini Langkah Dispendik

Pertahankan Jawa Timur sebagai Provinsi Juara Siswa Terbanyak Masuk PTN, ini Langkah Dispendik Simulasi tes SNBT (seleksi nasional berbasis tes) yang diikuti 810 sekolah SMA/SMK di 38 kota/kabupaten secara gratis.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak era Gubernur Khofifah Indar Parawansa, konsisten menjadi provinsi dengan jumlah lulusan SMA/SMK terbanyak yang diterima di (). Bukan hanya sekali, 'gelar juara' sebagai provinsi dengan pelajar terbanyak yang diterima itu sudah diraih tiga tahun berturut-turut.

Baik melalui seleksi nasional masuk (SNM) maupun seleksi bersama masuk ().

Kepala , Lutfi Isa Anshori, mengungkapkan untuk tahun ini pihaknya berupaya kembali mempertahankan predikat tersebut. Di antaranya dengan mengadakan simulasi tes SNBT (seleksi nasional berbasis tes) kepada 810 sekolah SMA/SMK di 38 kota/kabupaten secara gratis.

Simulasi tes gratis itu digelar sejak sistem seleksi masuk () mengalami perubahan berdasarkan Peraturan Mendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022.

"Untuk itulah Dinas Pendidikan Provinsi bekerja sama dengan menyelenggarakan simulasi UTBK SNBT kemarin, yang diikuti oleh siswa kelas XII seluruh SMA dan SMK negeri se-," ujarnya, Kamis (9/2/2023).

Isa Anshori menjelaskan, simulasi itu terdiri dari berbagai tes. Yakni mulai dari untuk menguji kemampuan penalaran umum, kemampuan memahami bacaan, menulis, serta pengetahuan kuantitatif. Kamudian ada tes literasi yang meliputi literasi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta penalaran matematika.

"Hasil dari simulasi kemarin akan dianalisis, sehingga menjadi data dan dokumen siswa tersebut, yang meliputi nilai statistik, nilai skolastik, nilai literasi, nilai rata-rata, dan nilai akhir," lanjutnya.

Adapun simulasi tes gratis tersebut diikuti sebanyak 18.596 pelajar. Harapannya setelah mengikuti simulasi, para siswa-siswi mendapatkan kisi-kisi sebagai prsiapan mengikuti tes SNBT, yang pendaftarannya bakal dibuka pada 23 Maret hingga 14 April 2023 mendatang.

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO