Wali Kota Kediri Sampaikan Arahan Pada High Level Meeting TPID

Wali Kota Kediri Sampaikan Arahan Pada High Level Meeting TPID Wali Kota Abdullah Abu Bakar (tengah) saat memimpin High Level Meeting TPID Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota memimpin High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri Tahun 2023 di Ruang Joyoboyo balai kota setempat, Jumat (10/2/2023). Pada meeting ini ada beberapa hal terkait inflasi yang dibahas bersama dengan anggota TPID.

Dalam arahannya, Wali Kota Abu Bakar meminta anggota menggelar rapat rutin tiap bulan untuk membahas inflasi. Karena menangani inflasi membutuhkan kolaborasi yang lebih detail dari semua pihak.

Ia juga meminta TPID memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak panic buying atau belanja yang bijak.

Menurutnya, ada beberapa hal penting yang menjadi perhatian dalam menjaga inflasi di Kota Kediri. Pertama melihat stok komoditas, menjaga pasokan bahan pokok dan bahan penting lainnya, melaksanakan operasi pasar murah, serta melaksanakan sidak di pasar dan distributor.

Kemudian koordinasi dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, menggunakan anggaran BTT untuk mendukung pengendalian inflasi, dan memberikan bantuan transportasi dari APBD untuk kelancaran distribusi barang.

“Mungkin beberapa hal yang saya sebutkan tadi bisa menjadi patokan kita bersama. Saya minta juga ada laporan mingguan, hal ini penting untuk mengambil kebijakan intervensi pasar jika ditemukan kondisi tertentu,” terang politikus PAN tersebut.

Ia yakin TPID yang sudah terbiasa dalam mengatasi inflasi di Kota Kediri bisa langsung kolaborasi dengan berbagai pihak. Karena dalam hal administered price, tidak bisa melakukan intervensi, namun dalam hal lainnya bisa.

“Mudah-mudahan kita terus bisa bekerja sama dengan baik. Karena inflasi ini menjadi salah satu yang menjadi perhatian Bapak Presiden selain pertumbuhan ekonomi, kemiskinan ekstrem, stunting, dan investasi bodong,” tutupnya.

Hadir dalam HLM TPID ini, Kepala KPwBI Kediri M. Choirur Rofiq, Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, Plt Kepala BPS Kota Kediri Adenan, Sekretaris Daerah Bagus Alit, Direktur Perumda Pasar Joyoboyo M. Ihwan Yusuf, Kepala OPD Pemerintah Kota Kediri, dan Anggota . (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO