PWI Sidoarjo Safari Jurnalistik di SMAN 1 Krian, Perkuat Literasi Media untuk Pelajar

PWI Sidoarjo Safari Jurnalistik di SMAN 1 Krian, Perkuat Literasi Media untuk Pelajar Suasana Safari Jurnalistik yang berlangsung di SMAN 1 Krian. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - PWI tengah berupaya menguatkan literasi media untuk masyarakat dengan kembali menggelar Safari Jurnalistik. Kali ini, program pendidikan ini dilaksanakan dengan puluhan siswa dan sejumlah guru SMAN 1 Krian, Rabu (8/2/2023).

Puluhan siswa kelas X dan kelas XI yang merupakan siswa pengurus OSIS, MPK (Majelis Perwakilan Kelas) dan anggota ekstrakurikuler Jurnalistik SMAN 1 Krian, mengikuti agenda tersebut.

Dalam acara ini juga ditandatangani nota kesepahaman (MoU) antara PWI dengan SMAN 1 Krian terkait kerja sama menggelar pendidikan jurnalistik. Kepala SMAN 1 Krian, Karyanto, memastikan hal tersebut.

"Pelatihan jurnalistik ini sangat penting sekali, karena di era yang semuanya serba digital ini ada keterbukaan dalam berkomunikasi. Ini bagian di dalam kehidupan yang tidak bisa kita lepaskan di era sekarang. Apalagi kita ada di institusi akademik," ujarnya.

Ia menyatakan betapa pentingnya acara yang digelar PWI bekerja sama dengan SMAN 1 Krian tersebut. Sebab bisa mengenalkan dasar-dasar ilmu jurnalistik.

"Ini bagian yang sangat penting bagi kami untuk bisa mengenalkan kepada anak-anak tentang bagaimana menggunakan media dan memproses media (membuat berita)," bebernya.

Karyanto menambahkan, ada 20 ekstrakurikuler di SMAN 1 Krian. Dan salah satunya ekstrakurikuler Jurnalistik. Di ekstrakurikuler Jurnalistik ini siswa belajar membuat berita hingga belajar syuting. "Jadi kami ada ekstrakurikuler Jurnalistik sehingga acara ini istilah Jawanya Gayung Bersambut," tandas Karyanto.

Ia berharap melalui Safari Jurnalistik para siswa bisa belajar langsung dari para wartawan tentang ilmu jurnalistik. Selain itu melalui ekstrakurikuler Jurnalistik, menjadi bagian dari pembelajaran untuk bekal siswa ke depannya.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO