8 Hantu di Indonesia yang Paling Populer dan Menyeramkan

8 Hantu di Indonesia yang Paling Populer dan Menyeramkan ilustrasi hantu (Pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Obrolan atau pembahasan mengenai hantu memang menarik untuk diikuti. Selain memiliki kesan mistis tersendiri, tak jarang sebagian masyarakat Indonesia masih mempercayai makhluk astral yang terkenal karena keseramannya. Di tanah air, ada 8 hantu yang disebut paling menakutkan dan populer karena mengganggu manusia.

Bagaimana cara mereka mengganggu manusia pun beragam. Jenis hantu tersebut sudah banyak diceritakan bahkan ada yang diangkat kisahnya dalam sebuah film.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 8 jenis hantu Indonesia yang paling populer dan menyeramkan.

1.

dianggap sebagai hantu paling menakutkan di Indonesia. Mereka yang percaya akan adanya hantu ini beranggapan bahwa pocong merupakan bentuk protes dari orang mati yang terperangkap dalam kafan mereka. Sebagian versi percaya wujud pocong memiliki wajah gosong dengan mata merah menyala. Namun ada yang bilang pocong berwajah rata dan mempunyai lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat.

2. Tuyul

Tuyul diyakini sebagai makhluk halus berwujud orang kerdil atau anak kecil dengan kepala gundul. Hantu yang cukup terkenal di Indonesia ini dikatakan suka menghasilkan uang atau pesugihan. Sebagaian orang percaya, adalah janin dari orang yang pernah mengalami keguguran atau bayi yang mati saat lahir.

3. Kuntilanak

Dalam cerita rakyat Melayu, sosok yang satu ini sering digambarkan sebagai seorang wanita cantik dengan rambut sangat panjang disertai bau harum bunga kamboja. Konon mereka lebih menyukai pohon-pohon tertentu sebagai tempat bersemayam, seperti pohon beringin, pohon randu yang besar di tempat-tempat sepi. Diyakini merupakan seorang wanita yang meninggal dalam keadaan hamil.

Kuntilanak sering disebutkan hantu yang suka mengganggu ibu hamil dan bayi. Selain itu, suara perempuan menangis atau cekikikan menjadi ciri khas hantu yang satu ini.

4. Sundel Bolong

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO