Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Gubernur Khofifah Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Gubernur Khofifah Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengimbau masyarakat di Jawa Timur untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi bencana hidrometeorologi sepekan ke depan. Hal tersebut merujuk prediksi Juanda yang menyebut potensi peningkatan pada beberapa wilayah di Jawa Timur dalam kurun waktu 27 Januari 2023-2 Februari 2023.

Berdasarkan analisis iklim yang dilakukan , terdapat pola tekanan rendah di Australia bagian Barat yang mengakibatkan terbentuknya konvergensi atau pertemuan angin di Jawa Timur, dan ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan konvektif.

Potensi yang disebabkan oleh aktifnya La Nina, Gelombang Rossby, dan Gelombang Kelvin di wilayah Jatim dapat meningkatkan potensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti genangan air, banjir, banjir bandang, puting beliung, hujan es, maupun tanah longsor di wilayah dataran tinggi.

"Berdasarkan peringatan dini dari tersebut, kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada terhadap potensi dan bencana hidrometeorologi. Selain itu pemerintah kabupaten/kota juga diimbau untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi yang diperlukan," kata , Minggu (29/1/2023).

Dari data yang diberikan oleh ada beberapa wilayah di Jatim yang diprediksi mengalami antara lain Surabaya, Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kota Blitar, Kabupagten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Batu.

Kemudian, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, Sumenep, Sidoarjo, Bojonegoro, Ponorogo, dan Pacitan.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO