Waspada Modus Penipuan Baru Gunakan Link Undangan Pernikahan

Waspada Modus Penipuan Baru Gunakan Link Undangan Pernikahan Waspada Modus Penipuan Baru Gunakan Link Undangan Pernikahan. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Modus penipuan baru yang marak terjadi saat ini melalui pengiriman link atau permintaan untuk mengunduh aplikasi .

Cara kerja penipuan ini ialah pelaku berpura-pura sebagai pihak pengirim undangan dengan mengirimkan file ekstensi APK, disertai foto-foto pernikahan kepada korban. Korban pun diminta untuk menekan dan menginstal aplikasi tersebut.

Selanjutnya, korban harus menyetujui permintaan akses terhadap beberapa aplikasi sehingga dari sana data pribadi korban yang bersifat rahasia dalam telepon genggamnya dapat dicuri oleh pelaku.

Data yang dapat diperoleh oleh pelaku sangat beragam, mulai dari informasi yang masuk melalui SMS, data pribadi, data perbankan yang bersifat rahasia seperti OTP (One Time Password) dan data lainnya.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto menghimbau nasabah dan masyarakat agar lebih berhati-hati dengan modus penipuan terbaru ini. Ia juga berharp agar korban dari kejahatan tersebut tidak bertambah.

Adapun kejahatan perbankan dengan modus social engineering tersebut juga dapat terjadi di bank manapun. Oleh karena itu jangan mudah percaya dan tetap mawas diri.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO