Komitmen Khofifah dalam Swasembada Pangan, Populasi Sapi dan Ayam Petelur Jatim Tertinggi

Komitmen Khofifah dalam Swasembada Pangan, Populasi Sapi dan Ayam Petelur Jatim Tertinggi

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komitmen Gubernur , Indar Parawansa, untuk mewujudkan tak main-main. Sebagai bukti, populasi , , dan tertinggi nasional. Di sektor pertanian, Jatim juga selalu menjadi barometer nasional.

"Berdasarkan data Badan Pusat Statistik tahun 2021, Jatim menduduki peringkat teratas dalam memberikan kontribusi terhadap populasi nasional , , dan . Jatim terus konsisten membuktikan komitmen nasional. Untuk populasi dengan 4,9 juta ekor ini selisihnya sangat jauh dari provinsi di peringkat kedua sebanyak 1,8 juta ekor," jelas Gubernur .

Sedangkan populasi di Jatim mencapai 52,9 Juta ekor dan berkontribusi 28% terhadap populasi Nasional. Gubernur berjanji akan menjaga kestabilan itu. Bahkan kalau bisa meningkatkan karena Jatim merupakan tumpuan bahan pangan provinsi lain.

Keberhasilan Jatim untuk mempertahankan kontribusi pangan nasional di sektor peternakan tersebut juga sejalan dengan berbagai langkah preventif, utamanya penanganan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK) di Jatim.

Berdasarkan data dari http//siagapmk.id/ per 31 Desember 2022, dari 38 kabupaten/kota di Jatim yang terserang PMK, 61% atau 23 daerah di antaranya dinyatakan telah bebas atau zero reported case PMK.

Sebagai informasi, untuk produksi daging Jatim menembus 613.200 ton yang berkontribusi 20% terhadap produksi daging nasional. Sedangkan produksi telurnya mencapai 573.184 ton atau 29% secara nasional. Dan produksi susu mencapai 545.526 ton atau setara 57% terhadap produksi susu nasional. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO