Kakanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi Pernak-pernik Karya WBP Kediri

Kakanwil Kemenkumham Jatim Apresiasi Pernak-pernik Karya WBP Kediri Kakanwil Kemenkumham Jawa Timur Imam Jauhari (tengah) saat menunjukkan hasil karya Warga Binaan Lapas Kediri berupa miniatur kapal pinisi didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Teguh dan Kepala Lapas Kediri Hanafi (kanan). Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Jawa Timur, Imam Jauhari, meninjau pameran hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) , di Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kota Kediri, Rabu (18/1/2023).

Ia mengapresiasi yang telah memberikan bekal keterampilan kepada WBP.

"Kegiatan semacam ini dapat memotivasi para WBP sehingga setelah bebas dari sini, mereka bisa memiliki kemandirian ekonomi," kata Imam didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Teguh dan Kepala Lapas Klas IIA Hanafi, Rabu (18/1/2023).

Sejumlah produk hasil buatan tangan para WBP yang dipamerkan di antaranya cangkir berbahan baku batok kelapa, sendok nasi (centong), talenan yang dipercantik dengan lukisan, kepala barongan, miniatur helikopter, sepeda motor, hingga kapal pinisi.

"Nantinya, hasil karya mereka ini bisa dijadikan suvenir kepada para tamu yang datang ke Lapas IIA Kediri," kata Imam.

Menurutnya, hasil penjualan karya warga binaan juga bisa ditabung sebagai bekal dan modal untuk menyambung hidup apabila nanti bebas dari lapas.

"Sementara bagi warga binaan yang sudah bebas, maka bekal pelatihan yang mereka peroleh dapat dimanfaatkan untuk mencari nafkah," terangnya.

Lihat juga video 'Sempat Kabur Bawa Mobil Dinas dan Tabrak Pagar Rudenim, WNA Palestina Diamankan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO