Bahaya Ciki Ngebul Bagi Tubuh, Paling Parah Lambung Bocor

Bahaya Ciki Ngebul Bagi Tubuh, Paling Parah Lambung Bocor Ciki Ngebul sudah beredar hingga Pamekasan seperti lingkungan sekolah, pasar, dan tempat keramaian.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Jajanan yang viral belakangan ini, ternyata memiliki kandungan berbahaya bagi kesehatan, terutama jika dikonsumsi oleh anak-anak bahkan dapat menyebabkan kematian.

dr. Syaiful Hidayat menerangkan, yang dibuat dengan mencampurkan makanan ringan dengan nitrogen cair ini menawarkan sensasi makan snack dingin dan juga mulut yang mengeluarkan asap. Namun ternyata ada kandungan bahaya nitrogen cair yang perlu diwaspadai.

"Nitrogen cair itu memang gas yang berbahaya kalau dibekukan apalagi cairan tersebut ditelan, sedangkan asapnya itu dihisap secara terus menerus," katanya, Selasa (17/1/2023).

Ia menerangkan, sebenarnya nitrogen merupakan gas normal, namun dapat berbahaya ketika menjadi cairan dan ditelan masuk kedalam pencernaan yang bisa menyebabkan lambung bocor atau harus dioperasi.

"Harusnya fungsi dari nitrogen ini membekukan dan mengawetkan sehingga makanan atau bahan makan itu menjadi lebih awet, makanan itu harusnya dibiarkan saja dulu hingga nitrogennya menguap sampai menghilang baru bisa dikonsumsi," paparnya.

Syaiful juga menambahkan, nitrogen tidak akan bahaya jika menjadi gas biasa, karena fungsi yang sebenarnya adalah untuk mengawetkan atau membekukan makanan bahan makanan.

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO