Polresta Cirebon Layani Warga Bayar SIM Pakai Sampah

Polresta Cirebon Layani Warga Bayar SIM Pakai Sampah Polresta Cirebon Layani Warga Bayar SIM Pakai Sampah. Foto: Ist

CIREBON, BANGSAONLINE.com - Polresta telah melayani 49 warga yang membayar SIM dengan sampah. Program pembayaran SIM dengan sampah ini diinisiasi oleh Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) Polresta , Jawa Barat yang berjudul "Green Service".

Progam Satpas Polresta melibatkan 10 , salah satunya Bank Sampah SMPN 1 Talun, Jalan Nyi Arumsari, Kecamatan Talul, Kabupaten . SMPN 1 Talun telah membuka selama lebih dari 3 tahun, oleh karena itu Satpas Polresta percaya melayani masyarakat yang ingin menjual sampah untuk membuat SIM.

Jenis sampah yang dapat ditukarkan masyarakat ialah non-organik, seperti botol plastik, tembaga, dan besi. Uang hasil dari setoran sampah dicatat dibuku rekening.

Pembuatan SIM menggunakan pembayaran dengan sampah ini merupakan jalur khusus, namun warga tetap harus melewatii prosedur pada umumnya, seperti uji teori, uji praktik dan lainnya.

"Jadi program itu dilaunching oleh Kapolresta 6 bulan lalu dan sampai sekarang masih tetap berjalan", ujar Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta , Kompol Galih Raditya.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan.

"Respon dari masyarakat sangat bagus, masyarakat jadi berlomba-lomba untuk menjadi nasabah , hingga saat ini sudah ada 49 orang yang mengikuti program tersebut", jelas Kompol Galih.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO