Penerapan Mata Kuliah Komik di Prodi Vokasi UI

Penerapan Mata Kuliah Komik di Prodi Vokasi UI Penerapan Mata Kuliah Komik di Prodi Vokasi UI. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Program Studi Produksi Media yang termasuk salah satu Program Pendidikan Vokasi yang ada di (UI) menerapkan mata kuliah dalam kurikulumnya.

Program studi Produksi Media merupakan program Sarjana Terapan atau D4 untuk mencetak sarjana yang mampu menjadi pelaku industri kreatif di bidang produksi media sesuai dengan etika profesi yang berlaku dan memanfaatkan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) secara inovatif serta bertanggung jawab.

Penerapan mata kuliah bertujuan membangun industri yang memiliki potensi tinggi di Indonesia. Hal ini terbukti bahwa Indonesia menempati posisi ketiga terbesar sebagai pengakses manga di platform penyedia manga legal, yakni . Urutan pertama dan kedua diduduki oleh Amerika Serikat dan Thailand.

Upaya lain yang pernah dilakukan Vokasi UI ialah penyelenggaraan lokakarya dalam program pengabdian masyarakat dengan tema "Comic, IP, Transmedia-Storytelling" yang digelar pada bulan November 2022 lalu di Auditorium Vokasi UI, Depok.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini berhasil dihadiri oleh sejumlah praktisi dari berbagai bidang dan diikuti oleh 180 peserta didi SMA/SMK wilayah serta mahasiswa Vokasi UI.

Bara Adhyaksa yang merupakan manajer HUION Indonesia menuturkan bahwa Intellectual Property atau IP merupakan aset yang tidak berwujud dan dapat dimiliki oleh kreator . Hal ini dibuktikan dari beberapa tahun terakhir pangsa pasar bisnis IP kian meningkat dan berpotensi untuk lebih meningkatkan ekosistem industri kreatif di Indonesia.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO