Atlet Bola Voli Kabupaten Kediri Panasi Mesin Sambut Pra Porprov VIII Jatim

Atlet Bola Voli Kabupaten Kediri Panasi Mesin Sambut Pra Porprov VIII Jatim Para atlet bola voli saat mendengarkan arahan dari pelatih. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Atlet Bola Kabupaten Kediri baik putra maupun putri mulai melakukan pemusatan latihan (puslat) di Lapangan Indoor Mapolres Kediri, Sabtu (7/1/2023) kemarin). Puslat itu dilakukan karena Pra Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur (Jatim) 2023 semakin dekat.

Pantauan wartawan, mereka tampak mengikuti instruksi pelatih. Para atlet mengawali latihan dari fisik, kemudian dilanjutkan dengan teknik dan mental.

Bayu Aditya, Pelatih Bola Voli Tim Putra Kabupaten Kediri, mengatakan para atlet sudah mulai latihan sejak 3 Januari 2023 lalu, pasca libur panjang.

"Menjelang pra porprov kami fokus ke latihan dan membentuk tim agar solid," katanya, Sabtu (7/1/2023).

Selain mengasah kembali teknik dasar dan fisik, mental pemain juga digembleng agar tidak down saat bertanding. Adapun teknik dasar yang diasah kali ini adalah servis dan receive passing bawah.

Menurut Bayu, fisik para atlet perlu digenjot kembali usai menjalani libur panjang karena cenderung drop. "Ada pembenahan yang perlu kita lakukan," ucapnya.

Sementara Farid Alfahsyada selaku pelatih fisik mengatakan latihan fisik yang dilakukan selama dua minggu pertama diperlukan untuk adaptasi otonomi semua tubuh. Setelah fisik kembali fit, maka latihan akan dilanjutkan ke fitnes dan lintasan.

Menurutnya, latihan fisik harus dilakukan secara bertahap agar atlet tidak kaget. Dari persiapan umum, khusus, dan pra kompetisi.

"Latihan fisik tersebut bertujuan untuk mengembalikan kapasitas daya tahan yang dimiliki atlet dan meningkatkan kapasitas jantung. Selain itu, ada juga beberapa atlet senior yang bergabung, karena mereka sudah pernah mengikuti latihan sebelumnya," ungkapnya.

"Atlet senior tersebut adalah mereka yang pernah mengikuti ajang 2022 lalu. Oleh karena itu, mereka hanya tinggal menyesuaikan," pungkas Farid. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO