7 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, dari Airnya yang Mendidih Hingga Dihuni Hewan Purba

7 Sungai Paling Berbahaya di Dunia, dari Airnya yang Mendidih Hingga Dihuni Hewan Purba Ilustrasi Sungai Amazon (Pexels)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sungai merupakan aliran air di permukaan besar dan berbentuk memanjang yang mengalir secara teratur dari bagian hulu (atas) ke hilir (bawah).

Bagian hulu biasanya berasal dari sumber mata air yang berada di pegunungan. Pada ujung hilir terdapat muara yang merupakan tempat pertemuan antara dan laut.

Sungai menjadi salah satu faktor penting dalam kelangsungan makhluk hidup, tak terkecuali manusia. Meski dianggap sebagai sumber kehidupan, terdapat beberapa di dunia dikategorikan berbahaya karena berbagai alasan.

Sungai- tersebut memiliki sejumlah ancaman, misalnya dari arus bawah yang deras, kedalaman yang tidak diketahui, dan predator penghuni .

Berikut 7 di dunia paling berbahaya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. -timpishka

Berlokasi di pedalaman hutan Amazon, tepatnya di Mayantuyacu, Peru, yang satu ini merupakan salah satu keajaiban alam dengan aliran air yang senantiasa mendidih.

Warga setempat menyebut itu Shanay-timpishka yang artinya 'direbus dengan panas matahari'.

Meski memiliki panjang 6,4 km, lebar 25 meter serta kedalaman 6 meter. Namun, menjadi paling berbahaya karena suhu air Shanay-timpishka berkisar antara 50 sampai 90 derajat Celcius. 

Bahkan di beberapa titik mencapai suhu 100 derajat, yang bisa mengakibatkan luka bakar tingkat tiga dalam hitungan detik. Setiap tahun, tempat ini dikunjungi para wisatawan untuk mendapatkan khasiat obat dari air Shanay-timpishka yang selalu mendidih. Biasanya air di ini digunakan dalam praktik pengobatan tradisional ala Ashaninka.

2.

Walau nampak sekilas seperti biasa, tetapi janganlah dianggap remeh. Karena salah satu ikon objek alam di Inggris tersebut menyimpan banyak misteri di dalamnya.

Berlokasi di Yorkshire, termasuk salah satu paling berbahaya di dunia.

Sungai ini terkenal mempunyai terowongan tersembunyi yang dapat menghisap benda apa pun yang hanyut dan tenggelam di sana.

3., Afrika

Sungai yang satu ini dikenal sebagai 'Heart of Darkness' karena panjang dan kehidupan liar di sekitarnya. yang berada di benua Afrika ini merupakan terdalam di dunia yang memiliki kedalaman mencapai 219 meter dan membentang sekitar 3.000 mil dengan bahaya yang tidak diketahui. 

Bagian atas dipenuhi dengan jeram, sedangkan bagian bawah terdapat sejumlah jurang atau ngarai yang dalam dan luas di antara dua tebing.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO