BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Indonesia Mulai Mereda pada 5 Januari 2023

BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Indonesia Mulai Mereda pada 5 Januari 2023 BMKG Sebut Cuaca Ekstrem di Indonesia Mulai Mereda Pada 5 Januari 2023. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati memprediksi di Indonesia mulai mereda pada 5 Januari 2023.

"Dan seterusnya () mulai mereda tanggal 5 sampai 10 januari, berkurang", tutur Dwikorita.

Sebelumnya, BMKG menjelaskan curah hujan pada 27 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023 bakal mengalami peningkatan. Terdapat 9 wilayah yang berpotensi diguyur hujan ekstrem, salah satunya ialah DKI Jakarta.

"Yang perlu diwaspadai, hingga sangat lebat bahkan sampai berkembang ekstrem sampai 2 Januari, terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT)", ujar Dwikorita dalam jumpa pers virtual hari Selasa (27/12/2022).

Dwikorita menjelaskan juga wilayah yang berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang intensitasnya lebih rendah dari ekstrem ialah Aceh, Bengkulu, Lampung, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Tenggara, Papua Barat, dan Papua.

"Kondisi dinamika atmosfer di sekitar Indonesia masih berpotensi signifikan terhadap peningkatan curah hujan dalam sepekan ke depan", ujar Dwikorita.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO