Jatim Kerahkan 18.855 Personel di Ops Lilin Semeru, Gubernur Khofifah Pastikan Nataru Aman-Kondusif

Jatim Kerahkan 18.855 Personel di Ops Lilin Semeru, Gubernur Khofifah Pastikan Nataru Aman-Kondusif Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2022 di Lapangan Mapolda Jatim, Kamis (22/12).

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa memimpin langsung Apel Gelar Pasukan di Lapangan Mapolda Jatim, Kamis (22/12).

Dalam apel yang digelar dalam rangka persiapan pengamanan hari raya natal dan tahun baru (nataru) 2023 tersebut, Gubernur didampingi Forkopimda Jatim. Antara lain Mayjen TNI Nurchahyanto, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Toni Harmanto, dan Wakapolda Jatim Brigjen. Pol. Slamet Hadi Supraptoyo.

Dalam amanatnya, Gubernur menyampaikan pesan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyatakan apel ini sebagai tahap terakhir pengecekan kesiapan personel dan sarana prasarana operasi Lilin semeru. Dengan harapan, pengamanan perayaan nataru bisa terselenggara secara optimal dan kondusif.

"Jadikan pengamanan nataru sebagai sebuah kebanggaan. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, profesional, humanis, dan paham tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini," kata Gubernur.

Menurutnya, momentum nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Di momen nataru, masyarakat akan banyak melakukan kegiatan yang tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas.

Berdasarkan hasil survei dari Kementerian Perhubungan, diperkirakan akan ada sebanyak 44,17 juta orang yang melakukan pergerakan pada nataru tahun ini.

"Oleh sebab itu, TNI Polri, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, mitra kamtibmas, serta stakeholder menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi operasi lilin 2022 selama 11 hari. Mulai 23 Desember 2022 sampai dengan 2 Januari 2023 serta dilanjutkan dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan mulai 3 Januari sampai dengan 9 Januari 2023," tuturnya.

Selama proses pengamanan dan pelayanan nataru, Gubernur mengingatkan berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai. Di antaranya adalah ancaman terorisme sebagai potensi gangguan yang serius.

Maka, Gubernur berpesan agar seluruh personel mengedepankan deteksi dini dan langkah-langkah preventif guna mencegah aksi-aksi terorisme. Ia meminta penjagaan dilakukan secara ketat, khususnya pada pusat keramaian maupun tempat ibadah yang berpotensi menjadi target serangan teror.

"Pastikan setiap lokasi ibadah dilakukan sterilisasi melibatkan TNI, BNPT brimob dan densus 88 serta melibatkan juga elemen masyarakat termasuk ormas keagamaan dalam pengamanan ibadah Natal sebagai wujud toleransi beragama," jelasnya.

Selain kesiapan personel dan kewaspadaan selama pengamanan nataru, gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu menuturkan bahwa pemprov turut menyoroti kesiapan armada angkutan umum.

Tercatat lebih siap sebanyak 5.444 unit bus, 130 rangkaian kereta, 214 penerbangan, dan 101 unit kapal laut yang sengaja disiapkan sebagai mode angkutan umum masyarakat menjelang perayaan natal 2022 dan tahun baru 2023.

Petugas juga dipastikan melakukan antisipasi untuk kemacetan maupun kecelakaan lalu lintas, baik di jalan, penyeberangan antar pulau, maupun kepadatan pada bandara, terminal, dan pelabuhan.

Penerapan contra flow dan one way pada jalur tol maupun arteri harus dilakukan secara fleksibel. Menyesuaikan dengan situasi di lapangan dan mengacu data volume kendaraan dari traffic counting PT Jasa marga.

"Selain jalur tol maupun arteri, rekayasa lalu lintas juga harus dilakukan pada pelabuhan penyeberangan. Pastikan tidak ada penumpukan kendaraan yang akan melakukan penyeberangan dengan menambah jumlah kapal, memanfaatkan pelabuhan alternatif dan menyediakan kantong parkir yang memadai," ucap.

"Selain itu, lakukan sosialisasi secara masif sebelum rekayasa lalu lintas, sehingga masyarakat terinformasi dengan baik," tuturnya.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO