Ketua PWI Jatim Buka OKK PWI Kediri

Ketua PWI Jatim Buka OKK PWI Kediri Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim Djoko Tetuko (kiri) dan Wakil Ketua PWI Jatim Bidang Organisasi Machmud Suhermono saat menjadi narasumber OKK PWI Kediri. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Timur Lutfil Hakim membuka OKK (Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian) di ruang Pertemuan KPPN Kediri, Jalan Basuki Rahmat, Kota Kediri, Senin (12/12/2022).

Dalam sambutannya, Lutfil Hakim berpesan kepada wartawan, khususnya yang tergabung dalam PWI, agar berpedoman pada UU Pokok Pers,, serta Kode Perilaku Wartawan PWI, dalam menulis berita.

Ia mencontohkan pemberitaan yang ramah anak. Untuk pemberitaan yang menyangkut anak, Lutfil meminta agar wartawan paham betul hal-hal yang boleh ditulis dan yang yang harus disembunyikan. Seperti nama si anak, tempatnya sekolah, dan serta alamat yang bersangkutan.

"Jadi, wartawan dalam menulis berita, tidak hanya ramah terhadap perempuan, tapi juga harus ramah anak," katanya.

Menurutnya, peran pers sangat penting sehingga wartawan harus paham cara menulis yang benar.

"Ketika menulis berita harus bisa menyelami dan memahami. Menulis kasus perkosaan misalnya, maka wartawan harus bisa melindungi korban perkosaan itu sendiri," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO