Waspada Erupsi Gunung Kerinci Jambi

Waspada Erupsi Gunung Kerinci Jambi Waspada Erupsi Gunung Kerinci Jambi. Foto: Ist

JAMBI, BANGSAONLINE.com - Pusat Vulkanologi dan Miitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengatakan telah terjadi erupsi Gunung Kerinci di Jambi pukul 08.22 WIB pada hari Selasa (06/12/2022).

Hendra Gunawan selaku Kepala PVMBG Badan Geologi mengatakan erupsi disertai dengan kolom abu lebih kurang 700 meter di atas puncak lebih kurang 4.505 meter di atas permukaan laut. Kolom abu condong ke arah barat daya dan berwarna kelabu kehitaman.

"Gunung Kerinci pada saat ini tengah berada pada status level II (waspada) dengan rekomendasi masyarakat di sekitar Gunung Kerinci dan pengunjung tidak diizinkan mendaki kawh yang ada di puncak gunung dalam radius 3 KM dari kawah aktif atau masyarakat dilarang untuk beraktifitas di dalam radius bahaya/KRB II" tutur Hendra.

Hendra menghimbau agar jalur penerbangan disekitar Gunung Kerinci dapat dihindari terlebih dahulu karena letusan abu berpotensi dapat lebih tinggi lagi.

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Api Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih memiliki potensi letusan abu dengan ketinggian yang dapat mengganggu jalur penerbangan", ucap Hendra.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO