Peringati Hari Buku Nasional, Kediri jadi Lautan Buku

Peringati Hari Buku Nasional, Kediri jadi Lautan Buku Masyarakat saat mengkampanyekan hari buku nasional dengan menggelar ribuan buku di sepanjang jalan basuki rahmad kota Kediri. foto: arif kurniawan/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memperingati Hari Nasional, Taman Baca Mahanani yang bekerjasama dengan Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Pemerintah Kota Kediri menyelenggarakan acara yang bertajuk Kediri Lautan di Jl.Basuki Rahmad Kota Kediri, Minggu (17/5).

Agenda ini merupakan lanjutan dari perayaan Hari Nasional tahun 2013 kemarin yang mengambil tema Nggak Malu Baca . Acara ini didukung penuh oleh Bank Indonesia, Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia dan The Asia Foundation.

Acara yang bertempat di sepanjang Jl. Jenderal Basuki Rahmat (depan Balai Kota Kediri) sampai Car Free Day Jl, Dhoho ini diikuti ribuan peserta yang terdiri dari pelajar tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi dan masyarakat umum.

Ketua pelaksana kegiatan Ferry Dian Martin mengatakan, Lautan merupakan aksi massa yang diisi oleh lautan manusia yang serentak membaca buku dalam satu waktu. "Dengan menggerakkan ribuan peserta acara ini juga diharapkan mampu menjadi perangsang masyarakat Kediri khususnya dan Indonesia umumnya untuk menjadikan buku sebagai budaya keseharian,” ungkapnya.

Ditambahkan Ferry, kegiatan simbolis ini nantinya dapat digunakan
sebagai bahan percontohan untuk daerah-daerah lain agar tidak
mengabaikan akan kehadiran dari sosok benda yang bernama buku.

“Harapan besar kami, daerah lain di Indonesia dari Sabang sampai
Merauke suatu saat mau dan tergerak hatinya untuk menyelenggarakan perayaan serupa,” lanjut Ferry Dian Martin.

Sementara iti, Naim Ali selaku penanggung jawab acara berpendapat bahwa pesta dengan latar belakang edukasi seharusnya memang bisa, contohnya pesta baca buku seperti acara ini.

“Dalam kegiatan ini buku menjadi jantung perayaan. mendapatkan tempat yang terhormat, peserta berbondong-bondong mendatangi acara Kediri Lautan tidak lain tidak bukan untuk merayakan buku dalam kebersamaan dan kegembiraan. Inilah kehangatan sebuah pesta, di mana buku menjadi pusat perhatian semua orang,” tuturnya.

Acara belangsung dari pukul 07.00 sampai 10.00 WIB dibuka oleh
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan dimeriahkan oleh berbagai hiburan yang bisa dinikmati semua kalangan. Ada pertunjukan theater,
musikalisasi puisi, orasi komunitas, berdongeng, menggambar, parade
permainan tradisional, hingga penampilan dari Mahanani Acoustic yang menyuguhkan lantunan lagu anak-anak dengan kemasan berbeda. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO