HUT ke-492 Pamekasan, DKPP Gelar Kontes Ternak Sapi Madura dan Kambing Etawa

HUT ke-492 Pamekasan, DKPP Gelar Kontes Ternak Sapi Madura dan Kambing Etawa Kepala Disporapar Pamekasan, Khusairi, saat memberikan SKLB terhadap ternak yang berkualitas.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) menggelar kontes ternak sapi Madura dan kambing Peranakan Etawa PE di lapangan Waru, Rabu (9/11/2022). Kegiatan ini digelar dalam rangka menyemarakkan HUT ke-492 Kabupaten .

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) , Khusairi, hadir dalam agenda tersebut dan mengatakan bahwa sapi produk madura adalah kualitas unggul dan tidak perlu diragukan lagi kualitas dagingnya. Kedatangannya di sana mewakili Bupati , Baddrut Tamam.

"Kegiatan seperti ini wajib kita laksanakan, kalau bisa setiap 3 tiga bulan sekali. Karena apa? Jika kita lihat data yang disampaikan bupati, kebutuhan masyarakat harus kita sediakan," ujarnya saat memberi sambutan.

Sekertaris DKPP , Achmad Suhermanto, menyebut kegiatan kontes hewan ternak sudah direncanakan 3 bulan yang lalu, namun ada perubahan-perubahan dan akhirnya terlaksana juga.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi pengembangan usaha peternakan, membangun komunikasi yang efektif dengan stakeholder. Tujuan lainnya mensosialisasikan program dan kebijakan pemerintah kepada masyarakat dan peternak," kata Achmad.

Menurut Kepala Bidang Produksi Peternakan DKPP , Indah Kurnia Sulistiorini, ada sebanyak 100 ekor ternak yang dipamerkan dalam kegiatan ini, dengan rincian 60 ekor Sapi Madura dan 40 ekor Kambing PE.

"Dalam hal ini, kami ingin membuka minat masyarakat terhadap sektor peternakan, baik sapi maupun kambing. Nanti di sana juga akan ada penyerahan Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) online untuk sapi dan kambing," paparnya.

"Acara ini juga diharapkan menjadi motivasi dalam sektor peternakan agar menjadi penggerak ekonomi karena kita tahu bahwa merupakan salah satu sumber penghasil Sapi Madura yang bagus," imbuhhnya.

Setelah dilakukan pengecekan yang dibantu mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura dan penilaian sapi atau kambing berkualitas, ada sekitar 7 ekor sapi berhak mendapatkan Surat Keterangan Layak Bibit (SKLB) dan diberikan langsung oleh Kepala Disporapar , Khusairi. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO