Gelar Sosialisasi di Jember, KPU Jatim Sasar Segmen Pemilih Pemula Perwakilan SMA/SMK

Gelar Sosialisasi di Jember, KPU Jatim Sasar Segmen Pemilih Pemula Perwakilan SMA/SMK KPU Jatim saat menggelar sosialisasi Pemilu 2024 di Jember. Foto: Ist

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Jatim menggelar sosialisasi di , Kamis (3/11/2022). Agenda tersebut menyasar 52 orang segmen pemilih pemula yang merupakan perwakilan dari SMA/SMK di Kota Suwar-Suwir.

Komisioner Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk segmen pemula agar para pelajar dapat menjadi agen-agen sosialisasi pada pesta demokrasi mendatang.

“Adik-adik siswa-siswi SMA/SMK diundang harapannya membantu menjadi agen-agen sosialisasi untuk menyampaikan informasi ke teman-teman, guru-guru, keluarga dan lingkungannya,” ujar Gogot, Kamis (03/11/2022).

Komisioner Jatim Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) ini menegaskan, sosialisasi dan pendidikan pemilih segmen pemilih pemula sangatlah penting.

“Kenapa demikian? Karena jumlah pemilih pemula pada pemilu dan pemilihan cukup besar. Lalu, pemilih pemula adalah calon pemimpin masa depan dan pertama kalinya memberikan suara dalam pemilu, sehingga perlu diberi pemahaman yang baik tentang demokrasi,” ucapnya.

Selain itu, kata Gogot, kebanyakan pemilih pemula memiliki kondisi psikologis yang labil dan mudah dipengaruhi orang lain dengan informasi yang menyesatkan, mereka merupakan pemilih idealis karena belum punya tanggung jawab. Pemilih pemula yang menggunakan hak pilihnya memiliki kecenderungan untuk terus berpartisipasi pada pemilu selanjutnya.

Pria kelahiran Magetan ini menyebut, sosialisasi dan pendidikan pemilih dapat dikatakan berhasil bila siswa-siswi yang telah memiliki hak pilih ada peningkatan dari yang tidak tahu menjadi tahu, dari apatis menjadi setuju dengan pemilu, serta mau menggunakan hak pilih dengan datang ke TPS.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO