Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso, Konon Bisa Bikin Awet Muda

Wisata Air Terjun Tancak Kembar Bondowoso, Konon Bisa Bikin Awet Muda Air Terjun Tancak Sewu. foto: trisetiyanto.wordpress.com

BONDOWOSO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten Bondowoso saat ini getol untuk mengembangkan pariwisata, selain Kawah Wurung yang merupakan perbukitan di Kecamatan Sempol yang menyimpan banyak keindahan bak bukit Teletubis, Saat ini pihak Pemkab Bondowoso juga akan mempromosikan wisata alam air terjun Tanjak Kembar yang berada di Kecamatan Pakem. 

Keistimewaan destinasi wisata alam tersebut adalah adanya dua aliran air terjun kembar yang satu sama lain berjarak sekitar 20 meter. Kedua air terjun tersebut memiliki ketinggian yang sama. Oleh karena itu, kedua air terjun itu lantas disebut dengan tancak (bahasa Madura-red) air terjun kembar. Dua air terjun itu juga disimbolkan laki-laki dan perempuan. 

Air terjun yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota ini berada di ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl). alam Air Terjun Tancak Kembar merupakan lokasi wisata alami. Sebab, untuk menuju lokasi yang secara administratif berada di Desa Andungsari, Kecamatan Pakem, ini memerlukan perjuangan ekstra.

Untuk mencapai lokasi pun jalanan hanya berupa makadam. Bahkan, kondisi jalan itu akan semakin parah karena licin ketika musim penghujan. Sehingga, untuk menuju ke lokasi air terjun hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki selama sekitar satu jam dari desa terakhir. 

Begitu sampai di lokasi, rasa capek dan penat dipastikan sirna. Sebab di balik rerimbunan pohon rimba tersebut terpampang sebuah tebing batu beraliran air putih jernih yang jatuh ibarat kapas.

Bagi masyarakat Bondowoso, nama Air Terjun Tancak Kembar sudah tak asing lagi. Air terjun ini konon memiliki kekuatan mistis untuk membuat awet muda, karena konon Dewi Rengganis dahulu mandi di sini.

Konon katanya, Dewi Rengganis merupakan seorang puteri dari Raja Majapahit yang melarikan diri akibat terjadinya peperangan. Dalam pelariannya, puteri yang tersohor karena kecantikannya itu kemudian mendirikan kerajaan kecil di puncak Gunung Argopuro.

Bukan itu saja. Pada hari-hari tertentu, banyak pengunjung yang sengaja datang untuk sekadar melakukan ritual. Mereka biasanya membawa sesaji dan menggelar selamatan di sekitar air terjun yang kemudian dilanjutkan dengan mandi.

"Bahkan, banyak juga pengunjung yang dari luar daerah Bondowoso datang untuk menikmati keindahan alamnya," ujar Probo Nugroho, SH, Kasubag Pelayanan Data dan Informasi (PDI) saat hunting bersama sejumlah wartawan, Jum'at (8/5). (gik/rvl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mandi di Air Terjun Sedudo Nganjuk, Bisa Bikin Awet Muda?':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO