​ Korupsi Hibah, KONI Surabaya Belum Serahkan Bukti Transfer


SURABAYA (bangsaonline) - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur hingga kini menunggu bukti transfer dana hibah dari pihak Komisi Olahraga Nasional Indonesia () . Bukti tersebut menjadi penentu penetapan tersangka kasus dugaan , dari Pemkot ke .

"Memang mengakui menerima dana hibah dari pemkot Rp 6,5 miliar tahun 2012. Setelah ditelusuri, penyidik menemukan selisih hitungan Rp 1,9 miliar yang tak bisa dipertanggungjawabkan," kata Kepala Seksi Penyidikan (Kasidik) Pidana Khusus Kejati Jatim, Mohammad Rohmadi, dikonfirmasi Minggu (6/4/2014).

Dua pekan lalu Kepala Kejati Jatim Arminsyah menjanjikan penyidik akan menetapkan tersangka kasus ini pada 28 Maret 2014 lalu. Dikonfirmasi ulang Jumat (4/4) lalu, dia menyatakan hasil ekspose belum bisa menyimpulkan adanya tersangka dalam kasus ini. "Belum, belum ada tersangkanya," katanya.

Rohmadi menjelaskan, sebenarnya, calon tersangka sudah ada. Dia mengisyaratkan si calon tersangka dari internal , namun enggan menyebutkan. Penetapan tersangka, lanjut dia, menunggu janji pihak untuk menyerahkan bukti transfer dana hibah. Bukti tersebut akan memastikan ada tidaknya selisih Rp 1,9 miliar yang disimpangkan.

"Kalau kami keburu menetapkan tersangka, tapi ternyata bukti transfernya ada, kan jadinya SP3 nanti," kata Rohmadi.

Untuk diketahui, semula Kejati menyelidiki kasus dugaan korupsi dana hibah pemkot yang dikucurkan pada tahun 2011-2012. Di tahun 2011, ada sebanyak 400an penerima memperoleh bantuan hibah hingga total miliaran rupiah. Hibah bermasalah karena kebanyakan penerima tidak menyerahkan laporan pertanggungjawaban atau realisasinya tidak sesuai. Bahkan, ada juga penerima yang fiktif.

Ada juga pengakuan sebagian penerima hibah diperoleh karena melibatkan oknum anggota DPRD . Dari sekian ratus penerima, , Pramuka dan PKK adalah penerima dana hibah dengan nominal besar. Setelah , Kejati juga akan mendalami kasus ini pada lembaga penerima lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO