Suharto, Tukang Becak Peraih Medali Emas SEA Games Diangkat Gubernur Khofifah Jadi Pegawai Bapenda

Suharto, Tukang Becak Peraih Medali Emas SEA Games Diangkat Gubernur Khofifah Jadi Pegawai Bapenda Suharto, mantan atlet balap sepeda peraih medali emas pada SEA Games 1979 saat menceritakan testimoninya di samping Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Saat melakukan kunjungan ke Kabupaten Gresik, pada Senin (17/10/2022) kemarin, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa sempat menyerahkan bantuan zakat produktif bagi para pelaku usaha ultra mikro.

Zakat produktif itu diserahkan Gubernur di sela peresmian Kantor Bersama Samsat Gresik di Jalan Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Dari salah satu penerima zakat produktif, ada nama . Ia merupakan mantan peraih medali emas pada yang kini diangkat oleh Gubernur sebagai pegawai di UPT Gresik.

Sebelumnya, berprofesi sebagai tukang becak merangkap pemulung selama puluhan tahun. Dalam penyerahan zakat produktif itu, Gubernur menceritakan pertemuannya berawal saat dirinya safari Ramadan. 

“Dua hari sebelum lebaran Idul Fitri Mei lalu saya keliling daerah. Sampai di Gresik sudah saat buka puasa. Saya berbagi makanan berbuka sembari bagi sembako untuk penarik becak,” tutur melalui akun instagramnya.

“Saat itu di antara penarik becak ada yang angkat tangan bersuara lantang bahwa beliau pernah meraih medali emas pada SEA GAMES juga medali perak open turnamen sepeda balap di Thailand dan China. Namanya . Saat itu beliau penarik becak merangkap pemulung,” lanjutnya.

Mendengar pengakuan , langsung meminta nomor handphone agar bisa koordinasi untuk kepentingan pemberian intervensi. Namun, ternyata tak punya hp.

Gubernur perempuan pertama di Jawa Timur itu lalu meminta alamat . Esok harinya, dikirimkanlah ponsel untuk .

Setelah mengirimkan handphone kepada , lalu segera meminta Kepala Jatim untuk menindaklanjuti pemberian intervensi berupa pekerjaan tetap yang layak.

“Keesokan harinya beliau ditemui Kepala dan diajak menjadi karyawan di UPT Gresik. Alhamdulillah, sampai saat ini beliau sehat,” tegas Gubernur .

Terhitung sejak bulan Mei tahun 2022, resmi diangkat untuk bekerja sebagai petugas keamanan di UPT Gresik.

Sekadar informasi, kisah sempat viral lantaran hidup dalam kondisi yang memprihatinkan. Padahal, mempunyai sederet prestasi gemilang semasa muda menjalani karir sebagai .

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO