Gubernur Khofifah Ajak Gusdurian se-Indonesia Pegang Teguh 9 Nilai Utama Gus Dur

Gubernur Khofifah Ajak Gusdurian se-Indonesia Pegang Teguh 9 Nilai Utama Gus Dur Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, mengajak untuk memegang teguh 9 nilai utama dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sejumlah nilai itu meliputi ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, kekesatriaan, dan kearifan lokal.

"Jejak pikir dan nilai-nilai yang selama ini digaungkan harus menjadi ruh dalam setiap gerakan sosial yang lakukan setiap ," ujarnya usai pembukaan temu nasional jaringan di Asrama Haji Surabaya, Jumat (14/10/2022).

Ia menyebut, beberapa nilai utama ini harus menjadi pondasi dan gerak langkah para untuk merawat dan melestarikan perjuangan . Menurut dia, adalah sosok dengan nilai kemanusiaan tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Berbagai gagasan dan pemikiran , kata , memberikan sumbangsih besar bagi bangsa Indonesia. Hal tersebut karena memainkan dua karakter sekaligus, yakni sebagai seorang ulama dan seorang nasionalis negarawan.

"Itulah mengapa, saat membicarakan tentang Islam dan kebangsaan, maka akan sungguh-sungguh melakukannya, bukan sekedar wacana. Termasuk integritas dalam membela hak-hak manusia, terutama kelompok-kelompok yang terpinggirkan, kelompok miskin dan kaum marginal," paparnya.

"Bagi , perbedaan atau kemajemukan adalah sunnatullah. Ada satu kalimat yang seringkali kita dengar yaitu "Tidak penting apapun agama atau sukumu. Kalau kamu bisa melakukan sesuatu yang baik untuk semua orang, orang tidak tanya apa agamamu". Sungguh luar biasa ," imbuhnya.

Dalam pertemuan nasional jaringan yang dihelat selama tiga hari mulai 14-16 Oktober di Asrama Haji Surabaya ini juga dimeriahkan dengan ekspo UMKM , panggung budaya dan berbagai forum temu pemikiran strategis antar dari berbagai daerah secara nasional. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semua Agama Sama? Ini Kata Gus Dur':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO