Wayang Tangguh, Cara Unik Polres Ngawi Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas

Wayang Tangguh, Cara Unik Polres Ngawi Sosialisasikan Keselamatan Berlalu Lintas Sosialisasi Wayang Tangguh yang digelar oleh Satlantas Polres Ngawi di SMK Panti Pamardi Siwi 1, Ngrambe, Kamis (13/10/2022).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres dalam menekan dan menurunkan angka kecelakaan menggelar sosialisasi dengan menampilkan adegan pewayangan di SMK Panti Pamardi Siwi 1, Ngrambe, Kamis (13/10/2022).

Sosialisasi tersebut, dipimpin langsung oleh Kasatlantas Polres , AKP Djoko Winarto dan didampingi Polsek Ngrambe, Iptu Sukoco bersama Kanit Kamsel, Aiptu Sugiyono yang sekaligus berperan sebagai wayang.

"Sengaja Wayang Tangguh Semeru Bhayangkara Polres kami tampilkan di sekolah agar menarik dan para siswa mudah memahami apa yang disampaikan," tutur Kapolres AKBP Dwiasi Wiyatputera ketika dikonfirmasi melalui telepon oleh Wartawan BANGSAONLINE.com, Jumat (14/10/2022).

Ia mengatakan, Sosialisasi Wayang Tangguh yang digelar di depan siswa SMK itu, menyampaikan berbagai pesan saat menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat atau lebih.

"Dalam adegan pewayangan itu, menyampaikan pesan seperti, berkendara roda dua wajib menggunakan helm standar SNI, tidak boleh berboncengan lebih dari satu, berkendara dalam pengaruh alkohol atau mabuk, menggunakan sabuk keselamatan jika berkendara menggunakan mobil, tidak melawan arus, jangan menggunakan handphone, dan mengendarai kendaraan sesuai dengan batas kecepatan yang telah ditentukan," tutupnya.

Sementara itu, Djoko Winarto mengatakan, angka kecelakaan di wilayah hukum ngawi sangat tinggi oleh sebab itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi hingga tingkat anak sekolah.

"Angka kecelakaan di sangat tinggi, dalam satu minggu kurang lebih mencapai 15 sampai 20 kejadian dan didominasi oleh usia produktif atau anak-anak sekolah yakni SMP dan SMA atau sederajat," katanya.

Ia mengatakan, pemeran Wayang Tangguh yang digelar di SMK Panti Pamardi Siwi 1, Ngrambe, adalah para anggota satlantas untuk mengimbau kepada siswa, selalu waspada saat berkendara dijalan. Apalagi, saat ini musim penghujan dan banyak pohon tumbang.

"Sesuai petunjuk dan arahan Kapolres AKBP Dwiasi Wiyatputera, sosialisasi tentang keselamatan lalu lintas perlu digencarkan ke sekolah-sekolah agar dapat menekan dan menurunkan angka serta fatalitas kecelakaan lalu lintas," pungkasnya.

Dari pihak sekolah sendiri, sangat antusias dengan kehadiran Wayang Tangguh Polres yang digelar itu. Sebab, adanya sosialisasi dengan meragakan pewayangan ini, lebih mudah diterima oleh siswa dan memberikan banyak informasi tentang aturan lalu lintas. (nal/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO