Ini Alasan Pemkab Jember Gelar Pelatihan Kompetensi Buruh Tembakau di Polije

Ini Alasan Pemkab Jember Gelar Pelatihan Kompetensi Buruh Tembakau di Polije Keterangan foto dari kiri ke kanan: Sekretaris Disnaker Jember, Rifendi; Asisten II Bupati Jember, Hendro; dan Direktur Polije, Saiful Anwar.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Politeknik Negeri (Polije) dipercaya pemerintah daerah setempat untuk menggelar Pelatihan Kompetensi Buruh Tembakau dari dana bagi hasil cukai hasil () Tahun Anggaran (T.A.) 2022. 

Asisten II Bidang Perekonomian Pemkab , Hendro Sulistijono, mengungkapkan alasan kenapa Polije yang dipilih untuk menggelar kegiatan tersebut. Pelatihan ini diikuti 450 peserta dan akan berlangsung hingga beberapa hari ke depan. 

"Memang di Kabupaten ini kita melihat bahwa institusi pendidikan yang sifatnya vokasi, yang menghasilkan keterampilan hanya Politeknik Negeri dan mereka mempunyai sarana-prasarana yang cukup lengkap untuk bisa mendidik, yang sifatnya meningkatkan kompetensi," ujarnya, Kamis (13/10/2022.

"Dinas tenaga kerja bekerja sama dengan Politeknik Negeri akan mencetak masyarakat , khususnya keluarga dari petani dan buruh tani . Harapannya nanti keluar dari latihan ini, mereka mempunyai soft skill maupun hard skill," tuturnya menambahkan.

Menurut dia, kemampuan itu berkesinambungan dengan menjawab tantangan zaman yang mengharuskan adanya pergerakan dan perubahan. Ia berharap, pemanfaatan dengan wujud pelatihan kompetensi dapat menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

"Wirausahawan baru tidak muncul begitu saja namun membutuhkan pembinaan dan pendampingan yang berkelanjutan. Dengan pelatihan kompetensi ini diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas, memunculkan wirausahawan baru," pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO